Kanal

Anies: Bukan Pakai Pewangi

Cover berita utama Harian Warta Kota Edisi Minggu 29 Juli 2018 berjudul "Anies: Bukan Pakai Pewangi" - Koran Warta Kota

PERSOALAN bau yang ditimbulkan oleh aliran air Kali Sentiong atau lebih dikenal dengan nama Kali Item bergulir terus menjelang digelarnya pesta olah raga Asian Games 2018 mendatang.

Beragam upaya telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta mengatasi aroma tak sedap dari sungai yang berada persis di samping Wisma Atlet Kemayoran itu.

Sebut saja mulai dari penyebaran nano bubble, menutup kali dengan jaring hitam, hingga yang terakhir akan disemprot cairan khusus yang diharapkan jadi solusi.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan saat ditemui di Balai Kota, Jumat (27/7) membenarkan bahwa cairan yang disemprot ke Kali Item adalah cairan pewangi.

"Rencananya hari ini (Jumat--Red) dari tim gubernur ada metode, secara teknis tadi sudah disampaikan kepada kami, besok (Sabtu) akan ke lapangan kami akan coba metode ini, salah satunya melakukan penyemprotan atau dengan bahan cairan untuk mengurangi bau," kata Teguh di Balai Kota, Jumat.

Usulan menyemprotkan cairan pewangi itu sendiri datang dari tim pakar ke Pemprov DKI Jakarta.

Teguh mengatakan, penyemprotan pewangi itu akan difokuskan di segmen sekitar Wisma Atlet.

Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, penyemprotan yang akan dilakukan di Kali Sentiong atau Kali Item bukanlah menyemprotkan pewangi, melainkan penghilang bau.

"Pak Teguh (Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan) itu tidak semprot pewangi, tapi penghilang bau. Penghilang bau dengan pewangi itu beda," ujar Anies di SLB Pembina Tingkat Nasional, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (28/7).

Anies menjelaskan bahwa penyemprotan yang rencananya dilakukan Sabtu kemarin hanyalah untuk menetralisasi agar tidak bau.

Halaman
12
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota

Inilah Sosok Ibu Angkat yang Tega Siksa dan Sekap 3 Anaknya Bersama Ular dan Anjing di Makassar

Berita Populer