Kanal

Pantai Selatan Jawa Barat Dilanda Gelombang Tinggi, 20 Keluarga Mengungsi

Gelombang tinggi melanda kawasan pantai selatan Jawa Barat dan merusak puluhan bangunan serta perahu pada Selasa hingga Rabu (24-25/7/2018). - Tribun Jabar

WARTA KOTA, BOGOR - Gelombang tinggi melanda kawasan pantai selatan Jawa Barat dan merusak puluhan bangunan serta perahu pada Selasa hingga Rabu (24-25/7/2018).

Diperkirakan gelombang tinggi masih akan berlangsung sampai 26 Juli 2018.

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, gelombang tinggi terjadi di Kabupaten Sukabumi dengan ketinggian 3,5 sampai 4 meter.

Di Pantai Kebon Kalapa, yang mengalami kerusakan akibat gelombang tinggi adalah 28 unit kios, 2 saung, tanggul penahan ombak sepanjang 400 meter, trotoar, dan 7 perahu.

Di Kabupaten Cianjur, ketinggian ombak mencapai 6,5 meter dan kawasan terdampak adalah Kecamatan Sindangbarang, Cidaun, dan Agrabinta. Jumlah kerusakan masih didalami BPBD setempat.

Di Kabupaten Garut, ketinggian ombak mencapai 4 sampai 5 meter. Di Kecamatan Caringin, sebanyak 13 rumah rusak berat, 13 kios rusak sedang, dan 15 perahu rusak. Di Kecamatan Cibalong 17 rumah rusak, 6 kolam ikan terdampak, 1 perahu rusak, dan 13 hektare pesawahan terendam. Gelombang tinggi pun melanda Pantai Sayangheulang.

Di Kabupaten Tasikmalaya, tinggi gelombang atau ombak mencapai 5 meter. Di Pantai Pamayang di Cipatujah, 20 keluarga atau 100 jiwa yang tinggal di bibir diungsikan ke tempat aman.
Tambak udang seluas 50 hektare terdampak.

Di Kabupaten Pangandaran, ketinggian gelombang mencapai 6 meter.di Kecamatan Cimerak 32 warung rusak, 2 perahu rusak. Di Kecamatan Parigi 50 warung terdampak dan 10 perahu rusak.

BPBD dan BMKG mengimbau masyarakat untuk menunda kegiatan tangkap ikan tradisional hingga gelombang tinggi mereda. BPBD pun melakukan tindak lanjut terhadap kawasan yang terdampak bencana. (Muhamad Syarif Abdussalam)

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Tribun Jabar

Hasil Final Polling Mata Najwa di 3 Sosmed, Prabowo-Sandi Unggul dari Jokowi-Ma'ruf Amin

Berita Populer