Kanal

Menanggapi Laporan LBH Keadilan untuk Airin Rachmi Diany, Ombudsman Akan Bergerak Cepat

Airin Rachmi Diany, mantan Wali Kota Tangerang Selatan yang juga salah satu kandidat pilkada di wilayah ini, mencoblos bersama anaknya. Suami Airin tengah menjalani hukuman karena kasus korupsi. - Wartakotalive.com/Banu Adikara

SEBAGAI lembaga Negara yang mempunyai kewenangan untuk mengawasi penyelenggaran pelayanan publik, Ombudsman Provinsi Banten akan menyikapi laporan LBH Keadilan terhadap Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam waktu yang cepat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Ombudsman Provinsi Banten Bambang Poerwanto Sumo, menurutnya sudah menjadi tanggung jawab Ombudsman untuk menanggapi laporan dari LBH Keadilan terkait ketidak puasannya dengan pelayanan Pemerintah Kota Tangsel.

“Memang itu kewenangan kita. Nanti kita pelajari, kita harapkan dalam waktu singkat, secepat mungkin karena kita dipantau dari pusat,” Kata Bambang, Rabu (18/7/2018).

Sebelumnya, LBH Keadilan membuat laporan ke Ombudsman pada tanggal 6 Juli 2018.

Laporan itu berdasarkan rasa kecewanya terhadap Pemerintah Kota Tangsel karena Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dianggap mengabaikan aspirasi LBH Keadilan.

Setelah laporan masuk dan dirapatkan dalam pleno, kini Ombudsman akan segera mengambil langkah-langkah untuk menanggapi laporan itu.

“Kita bisa menyurati yang terlapor, atau mendatanginya,” ujarnya.

Bambang menyebutkan, jika terlapor yaitu Airin Rachmi tidak menanggapi Ombudsman, maka pihaknya akan kembali mendatangi Wali Kota Tangsel itu.

Laporan LBH Keadilan bermula saat Wali Kota Tangsel tidak menghiraukan sejumlah aspirasi dari LBH yang bermarkas di Pamulang itu.

Salah satu aspirasinya adalah Peraturan Wali Kota (Perwal) yang tidak kunjung dibuat untuk menyelenggarakan bantuan hukum Tangsel.

Menurut Ketua LBH Keadilan Abdul Hamim, pemerintah sudah menganggarkan dana untuk bantuan hukum, namun tidak bisa diselenggarakan akibat tidak adanya Perwal Tangsel.

Saat aspirasi itu disampaikan dalam agenda Open Office di Pusat Pemerintahan Kota Tangsel Februari lalu, Airin pun memilih untuk melimpahkan aspirasi LBH Keadilan ke Diskominfo Tangsel, namun hasilnya sama. Tidak ada tanggapan dari keduanya.

“Atas sikap wali kota yang mengabaikan surat dan mengabaikan masukan, saya menduga wali kota melakukan mal administrasi karena mengabaikan surat,” kata Hamim.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota

Video Kepanikan Penumpang Batik Air ID 7054 karena Mesin Pesawat Mati, Sempat Tak Boleh Turun

Berita Populer