Kanal

Valentino Rossi: Harus Telaten dan Sabar Menghadapi Pebalap Muda

VALENTINO Rossi - Bola.com

MENUNGGANGI motor balap sejak belia, membuat Valentino Rossi memiliki banyak pengalaman yang berbuah kebijakan untuk menghadapi berbagai karakter manusia yang berkecimpung di bidang balapan, termasuk menghadapi pebalap muda yang sedang belajar balapan di VR46 Academy miliknya.

Tidak mudah menjadi pemilik akademi balapan, karena Rossi dengan berbagai kesibukannya menjalani seri balapan MotoGP masih harus menyempatkan waktu untuk berkomunikasi dengan seluruh peserta akademi balapan.

Seperti dilansir GPOne, Eurosport, dan situs resmi VR46,. Rossi mengungkapkan bahwa memberikan pengarahan kepada pebalap yang ada di akademinya butuh ketelatenan dan kesabaran yang cukup tinggi.

Menurut Rossi, pebalap muda memiliki semangat yang sangat menggebu dan tidak jarang melibatkan emosi yang berapi-api.

Baca: Bursa Prediksi Masih Tetap Unggulkan Prancis Menang Atas Belgia

Akibatnya, tidak mudah saat memberikan pengertian dan pemahaman tentang balapan yang sebenarnya.

Meski melakukan pekerjaan yang tidak mudah dan butuh konsentrasi yang tinggi, Rossi tidak pernah menyerah.

Pebalap yang memiliki julukan The Doctor tersebut berusaha tetap telaten dan sabar menghadapi pebalap muda.

"Saya berupaya semaksimal mungkin membuat pebalap muda senang hati. Jadi, saya tidak akan pernah lelah memberikan jawaban apa pun atas pertanyaan mereka. Saat saya berada di akademi dan bertemu pebalap muda, saya selalu dihujani pertanyaan. Ada yang mudah, bahkan ada yang sangat sulit. Ada juga beberapa pertanyaan yang kadang berujung perdebatan. Tapi, saya berusaha bijak atas apa yang menjadi perdebatan tersebut. Saya mencoba telaten dan sabar untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada mereka," beber Rossi.

Beberapa tips kerap dilontarkan Rossi kepada pebalap muda yang sedang belajar di akademi miliknya.

Baca: Harry Maguire, From Zero to Hero

Bagi Rossi, semua pengalaman yang pernah didapatnya selama menjalani karier sebagai pebalap layak untuk dibagikan, karena perubahan balapan akan selalu memberikan tantangan yang baru.

Rossi tidak menampik bahwa perubahan teknologi balapan dan karakter pebalap bisa menjadi dua hal yang berseberangan.

Namun, Rossi kerap memberikan nasihat bahwa semua yang terjadi bisa berubah menjadi keuntungan bagi pebalap, karena pebalap harus berusaha memahami perubahan yang terjadi.

"Saat saya masih dalam taraf belajar, saya juga merasakan hal serupa dengan mereka. Jadi, saya pahami dari sisi mereka terlebih dulu, baru saya memberikan gambaran seperti apa balapan yang sebenarnya. Kadang ada perdebatan, tapi itu menjadi baik karena bisa membuka wawasan. Intinya, saya harus tetap berusaha menjaga komunikasi yang baik dengan mereka yang masih muda," kata pebalap yang telah meraih tujuh kali juara kelas utama MotoGP ini.

Berita Ini Juga Dimuat di KORAN SUPER BALL, Senin (9/7/2018)

Editor: Dewi Pratiwi
Sumber: Berita Kota Super Ball

Video Detik-detik Harimau Muncul di Pasar hingga Terjebak di Kolong Ruko, Memangsa Kambing dan Ayam

Berita Populer