Kanal

Dorong Ekonomi Syariah, Pemprov DKI Buka Kesempatan Kolaborasi

(kiri ke kanan) Dima Djani selaku CEO Alami, Romy Buchari Head of Syndication & Capital Markets Emirates Islamic Bank, Herston Powers Head of Investor Relations and Engagement Tyrb Group, Tasya Kamila dalam diskusi 'Islamic Banking 4.0: The Rise of Technology and Sharing Economy' di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Senin (4/6/2018). - Warta Kota/Dwi Rizki

PEMBANGUNAN ekonomi syariah, mulai dari penerbitan sukuk daerah hingga wisata halal terus didorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno menegaskan telah membuka lebar kesempatan kepada seluruh pihak untuk berkolaborasi, khususnya pendanaan sharia.

Hal tersebut menurutnya adalah kunci kesuksesan dalam membangun ekonomi halal.

Berbeda dengan bisnis konvensional yang cenderung saling serang, dalam ekonomi syariah, pengusaha harus dapat berbagi hasil dan bekerjasama.

"Sekarang itu beda, sebelumnya saling berebut pasar, berkompetisi untuk maju masing-masing. Nah sekarang beda, dalam bisnis halal kuncinya satu, kerjasama dan kolaborasi, ekonomi berbagi," ungkapnya ditemui di Balaikota, Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (4/6/2018).

Apalagi lanjutnya, wisata halal kini tengah populer dengan peluang transaksi mencapai Rp 40 triliun pada tahun 2020.

Peluang tersebut harus dimanfaatkan pengusaha untuk menawarkan fasilitas halal sesuai syariat Islam.

"Kita punya 40.000 kamar hotel di Jakarta, harus dibuat halal. Kita juga sudah punya 5.000 masjid dan mushala, 170 mall yang sebagian sudah ikut sebagai mall syariah dan sadar zakat dan makanan kita sudah dijamin halal. Jadi potensi sudah kita punya, Insya Allah tercapai," ujarnya.

Platform digital

Sementara itu, mendukung terciptanya ekonomi halal, Pemilik PT Alami Teknologi Sharia, Dima Djani mengungkapkan, pihaknya telah meluncurkan platform digital yang dapat memberikan kemudahan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam mengakses pembiayaan ke berbagai lembaga keuangan syariah di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota

Video Penampakan Ketua KKB Papua Egianus Kogoya, Buron Paling Dicari, Minta Boikot Pilpres 2019

Berita Populer