Kanal

Kepala Rutan Purworejo Diciduk BNN Akibat Pencucian Uang

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso di Kantor BNN, Cawang Jakarta Timur, Rabu (17/01/2018). - Warta Kota/Anggi Lianda Putri

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Anggie Lianda

WARTA KOTA, KRAMATJATI - Kepala Rutan Kelas II B Purworejo Jawa Tengah berinisial CAS ditangkap oleh Tim Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah bersama dengan Tim Direktorat Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Badan Narkotikan Nasional (BNN) pada 15 Januari 2018 sekitar pukul 12.50 WIB.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso mengatakan dalam proses penyidikkan ditemukan adanya aliran sejumlah dana dari dalam lapas.

"Ada dana dari Sancai yang berstatus narapidana di lapas Pekalongan kepada CAS dengan modus menggunakan rekening orang lain atas nama SUH dan SUN," ujar Buwas di Kantor BNN, Cawang Jakarta Timur, Rabu (17/01/2018).

Pada hari yang sama (15/1) BNNP Jateng dan TPPU BNN juga berhasil menangkap SUH di Wonosobo dan SUN di cilicap serta menyita sejumlah barang bukti.

Dana dari Sancai yang diterima CAS mencapai total Rp 313.500.000 dengan 18 transaksi. Uang tersebut juga diduga berasal dari napi kasus narkotika yang masih didalami oleh tim BNN.

"Sebagian uang itu dipergunakan CAS untuk diberikan kepada keluarga, pembelian tiket pesawat, pembayaran hotel, menjamu tamu di restoran, membeli televisi untuk Rutan, membeli sepatu dan biaya keperluan pribadi lainnya," sambung Buwas.

Barang bukti yang berhasil diamankan yaitu dua emas batangan total 1.3kg, sepatu, tv merk LG 32 inc, kalung kesehatan, buku tabungan, handphone dan uang sebesar Rp 400juta.

CAS, Sancai, SUH dan SUN dikenakan pasal 3,4,5 dan 10 undang-undang No.8 tahun 2010 mengenai Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan pasal 137 UU No.35 tahun 2009 mengenai narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer