Kanal

Tibo Monabesa Tantang Petinju Filipina di Kejuaraan Dunia WBC

Pelatih dan manajer Tibo Monabesa, Armin Tan, Jumat (20/1). - Warta Kota/Banu Adikara

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Banu Adikara

WARTA KOTA, CENGKARENG - Petinju Indonesia, Tibo Monabesa (26) bertekad melenggangkan karirnya sebagai petinju kelas dunia di kelas terbang junior World Boxing Council (WBC).

Langkah awal Tibo adalah menantang petinju asal Filipina, Rene Patilano dalam Kejuaraan Tinju WBC Silver International yang akan berlangsung pada Sabtu (21/1) petang besok di Stadion Olahraga Cendrawasih, Cengkareng, Jakarta Barat.

Pelatih dan manajer Tibo, Armin Tan pada Jumat (20/1) mengatakan, pertandingan ini juga merupakan pertandingan perdana Indonesia setelah WBC menjatuhkan sanksi pada tahun 2013.

"Target saya adalah mencetak petinju WBC kelas dunia dari Indonesia. Hingga saat ini, baru Tibo yang memiliki kans tersebut. Ini adalah langkah awal dirinya menapaki kejuaraan dunia, " kata Armin, yang juga bertindak sebagai promotor pertandingan tersebut.

Armin mengatakan, untuk bisa mengikuti kejuaraan dunia WBC, Tibo pada tahun ini setidaknya harus bertanding menghadapi tiga petinju internasional di kelas yang sama.

"Untuk lawan pertama, kami pilih Rene dari Filipina. Perlu diketahui bahwa Rene bukan petinju sembarangan. Dia sudah punya nama di Filipina, " kata Armin lagi.

Armin menuturkan, ia memilih Rene menjadi lawan Tibo supaya petinjunya bisa naik level.

"Kita semua tentu mau Tibo berkembang. Makanya, lawan yang dipilih tidak bisa yang ayam sayur. Harus yang hebat," kata Armin.

Menyoal strategi, Armin mengatakan, ia sudah menyiapkan taktik khusus menghadapi Rene yang dikenal memiliki gaya bermain lambat tapi mematikan.

"Yang jelas saya tidak menginstruksikan Tibo untuk menang KO di ronde-ronde awal, karena hal seperti itu tidak membanggakan. Yang penting Tibo bisa bermain bagus dan menjalani strategi saja, " katanya.

Sementara itu, Tibo sendiri mengaku sudah tidak sabar membuktikan dirinya bisa ikut bersaing di kejuaraan dunia WBC.

"Saya semangat sekali. Pertandingan besok akan sangat seru. Saya sudah lihat pola permainan Rene lewat video. Dia petinju hebat. Saya harus waspada, " katanya.

Tibo pun membenarkan bahwa lawannya tersebut memiliki gaya bermain lambat.

"Tapi bukan berarti bisa dianggap enteng, karena pemain lambat umumnya punya pukulan yang sangat keras. Rene pun begitu," katanya. (kar)

Penulis: Banu Adikara
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer