Kanal

Dinas UMKMP DKI Bagikan 38 Gerobak Gratis untuk PKL Binaan di Jaksel

Dinas Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan (UMKMP) DKI Jakarta membagikan gerobak gratis bagi pedagang kaki lima (PKL) di Pujasera Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2016). - Warta Kota/Gopis Simatupang

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU - Dinas Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan (UMKMP) DKI Jakarta membagikan sebanyak 38 gerobak gratis bagi pedagang kaki lima (PKL) binaan di wilayah Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2016).

Gerobak yang disalurkan Dinas KUMKMP itu berbahan stainless steel dan disebut bisa bertahan hingga 10 tahun.

Gerobak-gerobak itu akan menggantikan gerobak lama milik pedagang yang rata-rata telah berumur lima tahun.

Kepala Dinas KUMKMP DKI Jakarta, Irwandi, mengatakan, ke-38 gerobak itu dibagikan di empat lokasi, antara lain 29 gerobak untuk PKL di Pujasera Blok S, Kebayoran Baru, serta 9 gerobak lainnya di Loksem JS 14 (samping Blok S), Loksem Halimun, Setiabudi, dan Loksem Taman Bakrie, Setiabudi.

Berdasarkan data, secara total terdapat 87 loksem di Jakarta Selatan dengan jumlah pedagang lebih dari 2.600 orang.

Nantinya, seluruh PKL juga akan mendapat gerobak baru secara bertahap.

"Selama ini kan pedagang hanya memakai gerobak dari kayu, kan nggak enak. Nah, karena Blok S juga sudah dipugar, sekarang kita berikan gerobak baru berbahan stainless steel secara gratis, dengan prinsip gerobak tukar gerobak," ujar Irwandi saat ditemui di Pujasera Blok S, Selasa (25/10/2016).

Dia mengatakan, biaya pembuatan gerobak itu mencapai Rp 7,8 juta persatu gerobak. Sedangkan bila membuat sendiri bisa menghabiskan sekitar Rp 10 juta.

Ada tiga varian gerobak yang dibagikan, antara lain varian satu untuk pedagang bakso dan sejenis, varian dua untuk pedagang nasi goreng dan sejenis, serta varian tiga untuk pedagang minuman.

Tiap gerobak diberi nomor berbeda sesuai data pedagang sehingga petugas Dinas KUMKMP bisa melakukan pemantauan agar gerobak tersebut tidak berpindah tangan.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Hertanto Soebijoto

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer