Kanal

Kejagung RI: Nasib Abraham Samad Ditentukan Pekan Ini

Abraham Samad - Antaranews.com

WARTA KOTA, JAKARTA - Jaksa Agung HM Prasetyo menyatakan, langkah hukum terhadap mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad dan Bambang Widjojanto akan ditentukan pekan ini, apakah memutuskan mendeponir atau sebaliknya.

"Minggu ini akan kami putuskan," katanya, di Jakarta, Rabu (24/2/2016).

HM Prasetyo menegaskan soal pemberian pengesampingan perkara demi kepentingan umum itu (deponeering) merupakan hak prerogatif dari Jaksa Agung seperti rekomendasi dari MA dan Polri.

"Menyerahkan sepenuhnya kepada Jaksa Agung," kata HM Prasetyo.

Kata Kabareskrim

Polri mengharapkan sebaiknya kasus mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad bisa dibuktikan dan diselesaikan di tingkat pengadilan.

"Mestinya proses itu kalau sudah penyidikan, maka dibuktikan di pengadilan, kalau semisal tidak bersalah putusannya juga pasti bebas, kalau salah pasti dihukum, criminal juctice system kan begitu," kata Kabareskrim Polri Komjen Anang Iskandar.

Ketika dijumpai di Mabes Polri, Jakarta, Anang Iskandar mengatakan bahwa berkas kasus Abraham Samad dan Bambang Widjojanto sudah dilimpahkan ke Kejaksaan.

"Kasusnya sedang proses, penyidikan juga sudah dinyatakan lengkap, penyidik sudah melakukan tugasnya dengan baik, cumlaude, selanjutnya terserah Kejaksaan," kata Anang Iskandar.

Anang tidak menanggapi soal kecewa atau tidak terkait wacana Kejaksaan Agung untuk mendeponir kasus Abraham dan Bambang itu.

Anang Iskandar mengatakan, jika penyidik itu bukan soal kecewa atau tidak, namun menjunjung profesionalitas. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer