Kanal

Belasan Tahun Berjualan, PKL Pasar Serdang Akhirnya Ditertibkan

Lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sisi Pasar Serdang, Jalan Serdang Baru I, Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat akhirnya ditertibkan petugas Satpol PP Kecamatan Kemayoran hari ini, Rabu (17/2/2016). - Warta Kota/Dwi Rizki

WARTA KOTA, KEMAYORAN - Telah lama berdiri dan dibiarkan beroperasi selama belasan tahun, lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di sisi Pasar Serdang, Jalan Serdang Baru I, Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat akhirnya ditertibkan petugas Satpol PP Kecamatan Kemayoran hari ini, Rabu (17/2/2016).

Berbeda dengan sikap sebelumnya, petugas Satpol PP yang terlihat datang segera membongkar lapak kayu dan tenda pedagang yang berdiri di sisi jalan maupun atas saluran.

Terlihat terburu-buru, sejumlah sayuran maupun buah yang sebelumnya tertata di atas lapak dilempar petugas, sementara meja-meja kayu milik pedagang diangkut ke dalam truk milik Satpol PP.

Walau begitu, penertiban berlangsung kondusif, para pedagang yang mengaku merugi tidak dapat berbuat banyak. Pasalnya, keluhan yang disampaikan oleh pedagang dijawab tegas oleh pihak Kelurahan Serdang untuk meminta seluruh ganti rugi kepadaAhok --sapaan Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta.

"Kalau rusak nanti siapa yang ganti bu, ini dagangan saya semua," tanya seorang pedagang kepada Wakil Camat Kemayoran, Asih sembari menunjukan buah pisang yang rusak.

Menanggapi pertanyaan pedagang, Asih terlihat bertolak pinggang dan meminta agar sang pedagang mundur.

Dirinya menyampaikan jika aksi yang dilakukan pihaknya merupakan kewajiban atas pelaksanaan Perda Nomor 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

"Bapak ini semua sudah melanggar ketentuan, lapak di atas saluran, saluran juga nggak boleh ditutup begini," tegas Asih sembari menunjuk badan saluran.

Mengetahui keterangan Asih, sejumlah pedagang pun terlihat mundur dan meninggalkan petugas. Mereka lebih memilih untuk merapikan barang dagangannya yang tercecer usai lapak dibongkar.

Hingga kini, proses penertiban masih berlangsung. Para petugas tidak hanya menyisir PKL yang berada di sekitar Pasar Serdang, tetapi juga menertibkan lapak berjualan milik warga yang berada di Jalan Serdang Baru I RT 07/05 Serdang, tepatnya di belakang Pasar Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto

Kronologi Lengkap Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi yang Dilakukan Haris Simamora

Berita Populer