Kanal

Wow, 100 PKL Diberikan Kredit Sebesar Rp 1 Miliar

Sebanyak 100 pedagang kaki lima binaan dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Perdagangan DKI Jakarta. Kredit usaha sebesar Rp 1 miliar itu dinamakan Kredit Monas25 karena setiap pedagang diberikan pinjaman sebesar Rp 10 juta. - Warta Kota/Bintang Pradewo

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU - Pemerintah Provinsi DKI ‎melalui Bank DKI menyalurkan kredit kepada 100 pedagang kaki lima (PKL) yang merupakan binaan dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta.

Kredit usaha sebesar Rp 1 miliar itu dinamakan Kredit Monas25 karena setiap pedagang diberikan pinjaman sebesar Rp 10 juta.

Secara simbolis, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Direktur Bank DKI Kresno Sediarsi di Pasar Taman Pur‎ing, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (30/10/2015) pagi.

Dalam sambutan pidatonya, Ahok mengutarakan bahwa dirinya ingin mengelontorkan dana sebesar Rp 1 triliun kepada PKL. Hal ini dikarenakan melihat kenaikan harga yang cukup melonjak.

"‎Dari awal saya pengen sekali mengeluarkan Rp 1 triliun, kalau dulu kita hitung Rp 5 juta bisa dapat 200 ribu pedagang, tapi setelah terjadi naiknya harga barang saya pikir saru pedagang 10 juta minimal nggak bisa lagi 5 juta," kata Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan bahwa rencana pemberian kredit Rp 1 Trilu‎n akan dilakukan seleksi oleh perbankan. Sehingga, pedagang yang akan akan diseleksi oleh pihak perbankan.

"‎Seperti apa, nah kita yakin kalau kita kasih bantuan sosial ke orang, kasih uang bisa aja tenggelam, konsumtif. Jadi kalau uang dikasih pada orang uang bisa melipat gandakan dengan dagangan. Maka ini efek ekonominya akan lebih besar," tuturnya.

‎Dia menjelaskan bahwa pemberian bantuan itu juga akan dilakukan kepada orang tidak mampu lewat Penjamin Kredit Daerah (Jamkrida). Karena melihat kondisi ekonomi yang tidak baik.

"Makanya keputusan kita kita kasih uang bantuan, jadi tahun depan, misalnya ekonomi kurang baik, orang-orang udah punya uang. Dia beli membeli akan jalan, dan juga otomatis opsi kita akan tambah yang lainnya," tuturnya.

Pelaku UKM

Halaman
123
Penulis: Bintang Pradewo
Editor: Hertanto Soebijoto

VIDEO John Kei, Sosok Pembunuh Sadis Penghuni Sel Khusus Nusakambangan yang Kini Bertobat

Berita Populer