Kanal

Tata Terminal, Dishub DKI Jakarta Rangkul PKL

Penempatan kios pada area Penyeberangan Orang, baik Terowongan ataupun Jembatan merupakan bagian dalam penataan terminal di seluruh wilayah DKI Jakarta. - Warta Kota/Dwi Rizki

WARTA KOTA, TAMAN SARI - Ada yang berbeda dengan Terowongan Penyeberangan Orang (TPO) Jakarta Kota di Jalan Pintu Besar Utara, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat saat ini.

Sebanyak 13 buah kios serta sebuah minimarket terlihat menghiasi selasar TPO sepanjang 50 meter yang menghubungkan Stasiun Jakarta Kota dengan Museum Bank Mandiri.

Berbeda dengan nasib pedagang yang menempati JPO kebanyakan, para pedagang yang terdiri dari pedagang makanan, minuman, mainan anak-anak, pakaian hingga aksesori perhiasan itu justru didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Para pedagang diberikan lahan seluas 2x2 meter persegi untuk berjualan dengan lama kontrak selama lima tahun kedepan.

"Semua pedagang di sini memang sebelumnya PKL di jalanan sama sekitar Museum Fatahillah, terus kita dipilih sama pengelola untuk isi kios disini. Jelas saya senang banget bisa jualan di sini, soalnya jualan baru berapa hari aja semuanya sudah habis," ungkap Uni (40) pedagang makanan dan minuman ringan.

Kondisi tersebut dikatakannya, jelas sangat berbeda saat dirinya berjualan di jalan. Tidak hanya khawatir ditertibkan petugas, jumlah pendapatannya kini sangat jauh meningkat.

Karena itu, diperkirakannya, jika balik modal akan didapatkannya hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

Keterangan Uni terbukti benar, hanya dalam kurang dari setengah jam saja, setidaknya dirinya dapat menjual hingga dua karton air mineral dan makanan lainnya.

Kondisi tersebut pun terlihat pada beberapa kios pedagang lainnya, tidak jarang para pembeli harus menunggu dilayani lantaran banyaknya pesanan.

Penataan terminal

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer