Kanal

Alasan WBO Cabut Gelar Floyd Mayweather Jr

Floyd Mayweather Jr. - Warta Kota/Istimewa

WARTA KOTA, PALMERAH - Organisasi Tinju Dunia (WBO) secara resmi mengumumkan telah mencabut gelar juara dua kelas welter yang disandang petinju Amerika, Floyd Mayweather Jr., setelah mengalahkan petinju Filipina, Manny Pacquiao, pada 2 Mei lalu.

Pihak WBO menyebut, pencabutan gelar juara dunia dilakukan karena petinju berjulukan “Money” itu tidak kunjung membayar sanction fee sebesar 200.000 dolar Amerika Serikat (AS).

Mayweather juga tidak memberi jaminan kepada pihak WBO bahwa ia akan melepas gelar juara dunia lain yang disandangnya.

“Komite Juara Dunia WBO tidak memiliki alternatif lain kecuali untuk tak lagi mengakui Floyd Mayweather Jr. sebagai juara dunia WBO kelas welter dan mengosongkan gelar juara dunia karena yang bersangkutan tidak mengikuti peraturan WBO,” demikian pernyataan resmi WBO, Selasa (7/7).

Selama ini, badan-badan tinju dunia yang ada mempunyai peraturan untuk tidak mengizinkan seorang petinju merangkap gelar juara dunia di beberapa kelas.

Badan tinju dunia lainnya, seperti Asosiasi Tinju Dunia (WBA) dan Komisi Tinju Dunia (WBC), memberikan pengecualian buat Mayweather. Namun, pihak WBO menolak hal tersebut.

Selama ini, pihak WBO telah memberi waktu 10 hari buat si petinju untuk menentukan pilihan gelar juara dunia yang disandangnya. Bahkan khusus Mayweather, mereka telah memberi waktu hingga dua bulan.

Kehilangan gelar juara dunia kelas welter dari WBO membuat kubu Mayweather Jr. berang. Merasa dipermalukan, promotor Mayweather Jr., Leonard Ellerbe menuding Presiden WBO Francisco ‘Paco’ Valcarcel punya agenda lain di balik pencabutan gelar juara dunia petinjunya.

Ellerbe meyakini Valcarcel tengah melakukan upaya menaikkan dua petinju yang diwakili Bob Arum, Timothy Bradley Jr. dan Jessie Vargas.

Saat ini, status Bradley Jr. disebut telah naik pangkat sebagai penerus gelar juara dunia kelas welter Mayweather Jr.

“Pencabutan gelar ini jelas memalukan. Floyd akan memutuskan aksi yang akan diambil. Untuk saat ini, dia tengah menikmati ratusan juta dolar AS yang dia dapatkan dari pertandingan terakhir. (eko)

Penulis: Eko Priyono
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer