Kanal

Abraham Samad: Akal Sehat Saya Menilai Ini Kriminalisasi

Abraham Samad. - Kompas.com

WARTA KOTA, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Abraham Samad bersikukuh kasus yang dituduhkan padanya merupakan upaya kriminalisasi.

"Akal sehat saya menilai ini kriminalisasi hukum terhadap saya. Tapi sebagai warga negara yang baik dan penegak hukum, tetap saya harus tunduk terhadap proses hukum," kata Samad usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Pasalnya, kasus yang dituduhkan kepada dirinya itu baru diusut saat ia menjabat sebagai Ketua KPK.

"Saya ikhlas menerima ini sebagai risiko dari sebuah perjuangan pemberantasan korupsi," ucap Samad.

Dalam pemeriksaan selama 2,5 jam itu, menurut Samad, penyidik tidak memiliki tujuan yang jelas. Pasalnya, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan penyidik Polri sudah diajukan sebelumnya.

"Pertanyaan-pertanyaannya mengulang hal-hal yang sudah ditanyakan. Jadi saya pikir ini akan begini terus, berputar-putar dan bolak-balik," ujar Samad.

Pada Kamis, Abraham Samad menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen administrasi kependudukan yang dituduhkan padanya.

Meski pemeriksaan dilakukan di Bareskrim Polri, pemeriksaan tetap dilakukan oleh penyidik Polda Sulselbar.

Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan tambahan dalam kasus tersebut.

"Ini tetap pemeriksaan oleh Polda Sulsel. Jadi orang Polda Sulsel yang datang ke sini, kebetulan kemarin kan hari Bhayangkara, mereka ada disini (Jakarta)," ujar Samad.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer