Kanal

Dua Rute KRL Beroperasi Awal April 2015

Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (17/2). - Panji Baskhara Ramadhan

WARTA KOTA, TANJUNGPRIOK-Kepala Humas PT Kereta Api Indonesai Bambang S Prayitno mengatakan, pihaknya akan mengoperasikan dua rute baru KRL yaitu rute Jakarta Kota-Tanjung Priok dan Citayam-Nambo mulai  April mendatang.

"Awal April, akan segera beroperasi," tuturnya saat menghubungi Wartakotalive.com, Selasa (17/2/2015).

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan persiapan matang hingga 90 persen. Untuk rute Jakarta Kota ke Tanjung Priok, dikatakan Bambang tengah dilakukan persiapan juga.

"Secara umum sudah siap. Walaupun di beberapa pelintasan memerlukan beberapa perbaikan. Soalnya di beberapa lokasi rel yang tertutup tanah dan pengerasan jalan," ungkapnya.

Diakuinya pada akhir Januari 2015 lalu, pihaknya melakukan pengecekan bersama, untuk rute Jakarta Kota-Tanjung Priok. Dalam ujicoba itu, sempat kereta menyerempet peron yang berada di Kawasan Stasiun Kapung Bandan.

"Peron sudah diperbaiki beberapa waktu lalu. Memang ada sedikit kendala di lokasi itu. Tapi nantinya pada tahap awal pembukaan dua rute tersebut, rencananya juga akan dioperasikan 1-2 rangkaian kereta di setiap rutenya," jelasnya.

Menurut Bambang, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang selaku operator Kereta Rel Listrik (KRL), akan melihat terlebih dahulu antusiasme penggunanya.

"Antusiasmenya ini kita lihat dulu soal pengoperasian KRL Commuter Line di kedua rute tersebut," katanya.

Rute Jakarta Kota-Tanjung Priok berjarak sekitar 8,086 kilometer. Ada empat stasiun yang berada pada jalur tersebut, yakni Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Kampung Bandan Atas, Stasiun Ancol, dan Stasiun Tanjung Priok.

"Rute Citayam-Nambo itu berjarak sekitar 12,6 kilometer. Jumlah stasiun yang ada pada jalur ini juga ada empat. Ada Stasiun Citayam, Stasiun Pondok Rajeg, Stasiun Cibinong, dan Stasiun Nambo. Kita juga harapkan memang dengan dibukanya rute baru, bisa menjadi pilihan dan masyarakat puas akan pelayanan PT KAI," tuturnya. (Panji Baskhara Ramadhan)

Editor: Max Agung Pribadi

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer