Kanal

Jokowi: Tol Cikampek-Palimanan Selesai Sebelum Lebaran 2015

Presiden Jokowi meninjau proyek Tol Cikampek-Palimanan - Kompas.com/Sabrina Asril

WARTA KOTA, SUBANG - Presiden Joko Widodo meninjau lokasi pembangunan Tol Cikampek-Palimanan yang berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (26/12/2014). Dari situ, Jokowi mengungkapkan bahwa proyek tol yang sudah digagas dari pemerintahan terdahulu itu akan tuntas sebelum Idul Fitri 2015.

"Yang jelas sudah ada kesanggupan, sebelum Lebaran rampung. April sudah bisa uji coba. Nanti tanyakan langsung saja. Janjiannya, Lebaran sudah bisa kita pakai. Catat itu," ujar Jokowi.

Dalam blusukan ke lokasi pembangunan Tol Cikampek-Palimanan itu, Jokowi mendapat penjelasan dari pihak kontraktor tentang perkembangan proyek tersebut. Jokowi tampak didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Setelah mendapat penjelasan, Jokowi yakin bahwa pembangunan tol ini akan bisa memecah kemacetan yang biasa terjadi di sepanjang jalur pantura selama arus mudik terjadi. "Bisa 100 persen dong karena Cikampek dipecah ke sana dan ke sini," kata dia.

Pembangunan Tol Cikampek-Palimanan dimulai sejak tahun 2011. Rencananya, tol ini akan memiliki total panjang 116,75 kilometer. Total investasi yang dikeluarkan untuk proyek ini berkisar Rp 12 triliun.

Setelah meninjau lokasi pembangunan Tol Cikampek-Palimanan, Jokowi bersama ibu negara menyapa warga sekitar. Dua mobil pikap pun disiagakan untuk pembagian beras 5 kilogram kepada warga. Warga pun berebut di samping mobil Presiden yang hendak meninggalkan lokasi. (Sabrina Asril)

Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Kompas.com

Pengakuan Wanita Penabrak Anggota Polisi usai Terobos Rombongan Presiden Jokowi

Berita Populer