Kanal

Laga Persib-Persija Tidak Dapat Izin

Logo Persija dan Persib. - bola.net

WARTA KOTA, BANDUNG - Kepolisian Daerah Jawa Barat tidak akan menerbitkan izin keramaian pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta yang dijadwalkan berlangsung hari Sabtu (22/2) di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Laga lanjutan Liga Super Indonesia itu diimbau digelar di luar Provinsi Jabar, bahkan di luar Pulau Jawa, karena potensi kerusuhan antarsuporter yang tergolong tinggi.

Wakil Kepala Polda Jabar Brigadir Jenderal (Pol) Rycko Amelza Dahniel mengatakan hal itu, Kamis (20/2), seusai pertemuan dengan tim Persib dan perwakilan suporter ”Maung Bandung” di Markas Polda Jabar, Bandung.

”Kami tidak akan memberikan rekomendasi izin keramaian laga Persib-Persija di Stadion Si Jalak Harupat tanggal 22 Februari mendatang maupun di kota-kota lainnya di wilayah Jabar. Kami merekomendasikan kepada PSSI agar pertandingan kedua tim digelar di luar Jabar, bahkan tak menutup kemungkinan digelar di luar Jawa,” kata Rycko.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Martinus Sitompul menambahkan, keputusan polda berlandaskan sejumlah pertimbangan. Pertama, bobotoh, sebutan pendukung Persib, masih menyimpan dendam terhadap pendukung Persija, Jakmania. Kedua, dari pengalaman baru-baru ini, pasca-pertandingan antara Pelita Bandung Raya dan Persija Jakarta pada 17 Februari 2014, bobotoh juga terus mencari pendukung Persija.

Pasca-pertandingan Persib melawan Persija juga selalu berdampak negatif, salah satunya terhadap pariwisata. Wisatawan dari Jakarta yang berkunjung ke Bandung saat laga berlangsung—teridentifikasi dari pengguna mobil berpelat B—kerap bernasib sial karena menjadi korban perusakan dan bahkan penganiayaan.

”Dari pengalaman, laga kedua tim juga selalu diakhiri kerusuhan yang menimbulkan korban meninggal dunia, luka berat, ringan, maupun kerugian materiil,” ujar Martinus.

Sekretaris panitia pelaksana pertandingan Persib, Budi Bram Rachman, kecewa dengan tidak diberikannya rekomendasi oleh Polda Jabar tersebut. (SEM/APA)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: KOMPAS

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer