Selama Mudik 2019 Pertamina MOR III Menyediakan BBM Kemasan di Jalur Mudik

Pertamina juga menyediakan layanan SPBU Modular, di mana SPBU ini dibuat secara sederhana dengan satu dispenser untuk penguna DEX dan Pertamax.

Selama Mudik 2019 Pertamina MOR III Menyediakan BBM Kemasan di Jalur Mudik
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ilustrasi. BBM kemasan disediakan Pertamina. 

Menghadapi mudik lebaran 2019, PT Pertamina MOR III melakukan beberapa langkah kesiapan untuk melayani para pemudik yang melalui jalur Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat saat mudik 2019.

Langkah tersebut dilakukan guna mengantisipasi para pemudik terjebak dalam kemacetan yang tidak sempat untuk melakukan pengisian BBM di beberapa SPBU jalur mudik.

Unit Manager Communication dan CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami mengatakan dalam program mudik 2019, pihaknya menyiapkan program yang dikemas dalam Pertamina Siaga Ramadan Idul Fitri 2019.

"Kami akan berikan layanan kepada konsumen yang akan mudik ada beberapa seperti kios kemasan Pertamax, jadi BBM kita kemas dalam kaleng-kaleng untuk masyarakat yang akan membeli BBM seandainya ke SPBU masih jauh," kata Dewi Sri Utami, Jumat (17/5/2019).

Nantinya Pertamina akan menyiapkan sebanyak 26 kios kemasan Pertamax sepanjang jalur tol.

Tak hanya itu, di setiap kios juga akan disediakan sebanyak 50 motor kemasan yang akan mengantarkan BBM kepada konsumen.

"Jadi, nanti seandainya terjadi kemacetan atau tidak bisa bergerak, dari kios kemasan nanti ada motor-motor yang mengantarkan bahan bakar tersebut ke konsumen," katanya.

Selain itu, Pertamina juga menyediakan layanan SPBU Modular, di mana SPBU ini dibuat secara sederhana dengan satu dispenser sehingga masyarakat dapat mengisi bahan bakar di lokasi tersebut, namun pengisian bahan bakar hanya berlaku untuk penguna Pertamina DEX dan Pertamax.

Nantinya untuk SPBU Modular sendiri ada 6 yang disediakan serta mobil tanki dispenser berjumlah 5 mobil yang disiapkan.

Adapun penempatan tersebut ditempatkan di sepanjang jalur tol Merak-Jakarta-Cikampek hingga Pejagan Brebes. Serta jalur selatan Padalarang Cilenyi Bandung dan Sukabumi di mulai tanggal 31 Mei

"Kita siapkan outlet-outlet yang sangat banyak sehingga masyarakat tidak perlu lagi antri di SPBU, karena biasanya kalo sudah penuh, kendaraan tidak dapat masuk ke SPBU, untuk itu kami berikan layanan-layanan ini kepada para konsumen," ujarnya.

Pasokan Aman

Pasokan BBM dari H-7 hingga H+7 lebaran dikatakan Dewi untuk jalur MOR III dipastikan aman, ia mengaku langkah antisipasi sudah disiapkan sesuai tahapan pada tahun lalu.

"Kita membaca tren konsumsi setiap tahun dan juga melihat dari kenaikan pemudik, apalagi saat ini mudik ini diprediksikan naik 15 persen meningkat dibandingkan sebelumnya. Jadi kita sudah memproyeksikan akan ada penambahan konsumsi jenis premium pertamax pertalite sebesar 10 persen," katanya

Sedangkan kendaraan disel seperti DEX, Solar justru mengalami penurunan hingga 9 persen, karena pada H-7 kendaraan niaga tidak dapat melintas terkecuali kendaraan pengangkut bahan makanan dan juga bahan bakar.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved