Sosok

Raih Nilai UN Matematika 100, Alexander Farrel Buktikan Tuna Netra Bukan Halangan untuk Berprestasi

"Saya ingin buktikan, keterbatasan tak menghalangi seseorang berprestasi." Inilah kata-kata yang memotivasi Alexander Farrel Rasendriya.

Raih Nilai UN Matematika 100, Alexander Farrel Buktikan Tuna Netra Bukan Halangan untuk Berprestasi
Kompas.com/Wijaya Kusuma
Alexander Farrel Rasendriya, pelajar SMAN 3 Yogyakarta. Penyandang tunanetra ini meraih Nilai 100 Ujian Nasional (UN) Matematika. 

"Nilai selain matematika lumayan sih, Bahasa Inggris itu 96, Sosiologi 90. Yang paling rendah itu nilai Bahasa Indonesia, 82."

"SAYA ingin buktikan, keterbatasan tak menghalangi seseorang berprestasi." Inilah kata-kata yang diucapkan Alexander Farrel Rasendriya (18) untuk memotivasi perjalanan hidupnya.

Alexander Farrel penyandang difabel tuna netra baru saja lulus dari SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan prestasi yang cukup mentereng.

Remaja yang memiliki hobi bermain alat musik gitar ini mampu meraih nilai matematika 100 dalam ujian nasional (UN).

Siswa Peraih Nilai UN Sempurna dari SMA 68 Tak Hanya Pintar Juga Hafal Alquran 30 Juz

Alexander Farrel meraih nilai UN Matematika 100. Namun, ternyata tak hanya itu, total nilai ujiannya bahkan berada di tiga besar jurusan IPS SMA Negeri 3 yang notabene salah satu sekolah favorit di Yogyakarta.

"Nilai selain matematika lumayan sih, Bahasa Inggris itu 96, Sosiologi 90. Yang paling rendah itu nilai Bahasa Indonesia, 82," ujar Alexander Farrel Rasendriya saat ditemui di rumahnya Perum Cemara Hijau 2 Gayamprit, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (15/05/2019) lalu.

Ingin ke Jurusan IPA

Farrel, seperti dikutip Wartakotalive.com dari Kompas.com, mengenyam pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Putra Bangsa, Klaten, Jawa Tengah.

Setelah lulus SMP, Farrel memutuskan untuk sekolah di Yogyakarta. Remaja murah senyum ini akhirnya diterima di SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Ia mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), meski awalnya ingin mengambil jurusan Ilmu Pengatahuan Alam (IPA).

Keputusannya untuk mengambil jurusan IPS ini setelah mendengar masukan dari gurunya di SMP.

Halaman
1234
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved