Puluhan Siswa SLB Antusias Ikuti Pelatihan Bercocok Tanam

Pelatihan ini dilakukan oleh petugas dari Satuan Pelayanan Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kecamatan Cilandak.

Puluhan Siswa SLB Antusias Ikuti Pelatihan Bercocok Tanam
Warta Kota/Feryanto Hadi
Pelatihan ini dilakukan oleh petugas dari Satuan Pelayanan Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kecamatan Cilandak, dalam rangka mengenalkan pertanian perkotaan secara organik. 

Puluhan siswa dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Ulaka, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan tampak antusias mengikuti kegiatan pelatihan bercocok tanam dengan metode urban farming.

Pelatihan ini dilakukan oleh petugas dari Satuan Pelayanan Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kecamatan Cilandak.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka mengenalkan pertanian perkotaan secara organik.

Kasudin KPKP Jakarta Selatan, Wachyuni mengungkapkan, tujuan pelatihan dan pembinaan urban farming ini, adalah untuk mengedukasi siswa agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan sekolahnya maupun di lingkungannya.

"Anak-anak ini kita berikan pelatihan dan pembinaan dalam memanfaatkan lahan pekarangan sekolah dengan menanam sayuran, di antaranya kangkung dan kacang tanah serta memelihara ikan konsumsi," kata Wachyuni, Jumat (17/5/2019).

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) KPKP Kecamatan Cilandak, Nila, menambahkan, meskipun mereka adalah anak-anak yang mempunyai kekurangan secara fisik, namun punya kelebihan semangat dan kemauan untuk belajar.

"Didampingi oleh para guru dan pembina sekolah, apa yang kita sampaikan dan kita berikan kepada mereka terkait urban farming ini jadi mudah pelaksanaannya," terangnya.

Nila berharap, dengan pelatihan ini, para siswa dapat mengerti tentang urban farming serta dapat menerapkan di lingkungannya masing-masing.

Sebab, selain aman untuk dikonsumsi, Nila menambahkan, lantaran ditanam secara organik hasilnya juga dapat dijual untuk masyarakat sekitar.

"Harapannya setelah keluar dari lingkungan sekolah anak tersebut sudah punya kemampuan dalam bidang pertanian dan mampu melakukannya di lingkungan masyarakat luas," katanya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved