KPU RI Tunda Rekapitulasi Nasional Dampak Banyak Provinsi Belum Rampungkan Rekapitulasi

Keputusan tersebut ditetapkan Ketua KPU RI, Arief Budiman dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Nasional.

KPU RI Tunda Rekapitulasi Nasional Dampak Banyak Provinsi Belum Rampungkan Rekapitulasi
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ketua KPU RI, Arief Budiman menjenguk ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni di RSUD Kota Bekasi, Rabu (8/5/2019) malam. 

Banyaknya kalangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi yang belum merampungkan rekapitulasi suara menjadi kendala dalam Rekapitulasi Suara Tingkat Nasional.

KPU Republik Indonesia (RI) pun menunda rekapitulasi suara selama sehari.

Keputusan tersebut ditetapkan Ketua KPU RI, Arief Budiman dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Nasional di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (17/5/2019).

Padahal, sebelumnya, KPU telah menjadwalkan akan melakukan rekapitulasi nasional untuk Provinsi Papua Barat.

"KPU Provinsi Papua Barat baru tiba di Bandara Jakarta pukul 14.00 WIB ini, jadi, masih membutuhkan waktu untuk melakukan pengecekan dan pengadaan dokumen rekapitulasi, dengan ini saya nyatakan proses rekapitulasi nasional di skorsing satu hari," jelas Arief.

Arief melanjutkan, proses rekapitulasi suara nasional akan kembali dilanjutkan pada esok hari, Sabtu (18/5/2019) sekira pukul 10.00 WIB.

Dalam rapat, pihaknya menjadwalkan empat provinsi yang akan menjalani proses rekapitulasi, yaitu DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat.

"Akan dilakukan dengan satu panel mulai pukul 10 pagi. Berdasarkan pengalaman, satu panel cukup untuk empat provinsi yang akan direkap besok," paparnya.

Ditemui terpisah, Komisioner KPU RI, Ilham Saputra menjelaskan ada sebanyak tujuh provinsi yang belum bisa melakukan rekapitulasi nasional disebabkan karena masih adanya data yang belum lengkap untuk di bawa ke tingkat nasional.

"Masih ada KPU provinsi yang menjalankan putusan Bawaslu dan perlu melakukan penyesuian data di tingkat bawah."

"Seperti di Sumut contohnya, KPU masih melanjutkan rekap di level provinsi karena ada kendala untuk beberapa kabupaten kota seperti Deli Serdang yang masih belum selesai merekap di tingkat kecamatan," kata Ilham.

Selain itu, wilayah DKI Jakarta yang kini tengah menyelesaikan proses Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan pada Jumat (17/5/2019) siang.

KPU DKI Jakarta masih merampungkan rekapitulasi suara wilayah Jakarta Timur yang tertunda sejak pekan lalu.

Walau begitu, Ilham menjelaskan bahwa KPU RI optimistis pihaknya mampu menyelesaikan prose rekapitulasi nasional maksimal pada tanggal 22 Mei 2019 atau 35 hari pasca hari pemungutan suara dilaksanakan.

"Tetap optimis, kita akan menyelesaikan proses rekap ini sampai tanggal 22," katanya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved