Berita Video

VIDEO: BNN Gagalkan Pengiriman Ganja 300 Kilo Dengan Modus Limbah Beracun Medis

Sindikat ini mengirim ganja ke Jakarta melalui jalan darat dan disimpan dan diangkut bersama limbah B3 medis.

Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali mengagalkan pasokan kiriman ganja kering dari Aceh sebesar 300 kilogram.

Pengungkapan kasus itu merupakan lanjutan pengembangan kasus sebelumnya dimana BNN menggagalkan kiriman ganja kering di daerah Depok bermodus pengiriman kargo peti kemas, Senin (6/5) lalu.

"Barang bukti yang bisa kami peroleh (sekarang) 300 kilogram ganja kering. Ini adalah hasil pengembangan kasus penangkaoan narkoba di Depok pada 5 Mei lalu dengan barang bukti kurang lebih 500 kilogram," ungkap Deputi Pemberantasan BNN, Arman Depari di Kantor BNN, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (16/5).

VIDEO: Nongkrong Sendirian Saat Dini Hari, Pemuda Dibegal di Batu Ampar

Modus operandi yang dilakukan sindikat ini juga hampir sama seperti kasus sebelumnya, yakni menyamarkan paket ganja dengan cara pengiriman kargo.

Sebanyak 3 orang kurir yang telah diamankan kali ini mengirimkan ganja tersebut bersama kiriman limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3), bertujuan agar bau ganja kering luput dari pantauan petugas maupun anjing pelacak. Mereka berinisial D, M dan J.

"Yang sekarang ini hampir sama. Sindikat ini mengirim ganja ke Jakarta melalui jalan darat dan disimpan dan diangkut bersama limbah B3 medis. Ini tentu maksudnya sama dengan yang lalu biar enggak tercium baunya. Apalagi dengan pemeriksaan petugas apalagi ini limbah berbahaya, limbah medis atau mungkin saja limbah racun. Sehingga para sindikat ini bisa lolos dari pemeriksaan petugas," jelasnya.

VIDEO: Kali Cikeas Bekasi Penuh Sampah Bambu

Total dari sindikat ini, BNN telah mengamankan sebanyak 5 orang pelaku yang keseluruhannya ditangkap di daerah Cilegon, Banten. Sementara itu, total barang bukti yang diamankan ada sebanyak 800 kilogram.

BNN masih mencari satu orang tersangka lain yang berprofesi sebagai sopir truk pembawa limbah B3.

VIDEO: Tujuh Remaja Depok Diciduk saat Hendak Tawuran

"Jadi dari pemeriksaan yang kami lakukan. Karyawan yang bekerja sebagai sopir pengangkut limbah ini mendapatkan order dari temannya di daerah Aceh juga untuk membawa ganja ini ke Jakarta. Oleh karena itu, kami sekarang sedang mencari yang bersangkutan untuk kami lakukan penangkapan dan penyelidikan," jelasnya. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved