Pemilu 2019

SDM Tidak Mumpuni Jadi Masalah Lambatnya Proses Rekapitulasi Suara Jakarta Timur

Ketua KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idrus menyesalkan soal kembali ditundanya Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi DKI Jakarta di Hotel Bi

SDM Tidak Mumpuni Jadi Masalah Lambatnya Proses Rekapitulasi Suara Jakarta Timur
Warta Kota/Anggi Liana Putri
Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idrus. 

PANCORAN, WARTAKOTALIVE.COM -- Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idrus menyesalkan soal kembali ditundanya Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan pada Rabu (15/5/2019).

Dirinya pun mengungkapkan keterlambatan karena banyak alasan terlebih kesiapan SDM (Sumber Daya Manusia).

Alasan tersebut disebutkan Betty mulai dari faktor kelelahan yang dialami oleh petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pulogadung maupun petugas KPU Jakarta Timur, sehingga proses rekapitulasi suara di Kecamatan Pulogadung belum rampung hingga Rabu (15/5/2019) jelang tengah malam.

Alasan kedua adalah teknologi yang digunakan tidak sesuai dengan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU.

Selain itu, tidak mumpuninya kemampuan petugas PPK Kecamatan Pulogadung serta KPU Jakarta Timur.

"Campur ya, mixed reason, alasannya beberapa hal, mungkin karena SDM-nya sudah sangat lelah," ungkap Betty kepada wartawan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan pada Rabu (15/5/2019) malam.

"Lalu yang kedua teknologi yang digunakan kan harusnya basisnya situng, sementara mereka juga kelasnya belum kelas besar masih kelas kecil, dari pertengahan waktu dari akhir ini baru dibentuk kelas-kelas besar," tambahnya.

Terkait hal tersebut, Betty mengaku tidak berdaya lantaran Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi belum dapat dilanjutkan apabila hasil rekapitulasi suara tingkat Kotamadya Jakarta Timur belum diterima.

Dirinya justru meminta agar seluruh pihak berdoa agar para petugas PPK Kecamatan Pulogadung dan petugas KPU Jakarta Timur mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan rekapitulasi suara.

Sebab, apabila Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan Pulogadung selesai, berkas hasil rekap atau Form DA 1 itu akan disampaikan kepada KPU Jakarta Timur untuk menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kotamadya Jakarta Timur yang kemudian dituangkan menjadi Form DB 1.

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved