AFC Cup 2019

Manajer Persija Jakarta Beberkan Alasan Persija Gagal Ulang Sukses AFC Cup Musim Lalu

Persija Jakarta harus mengakhiri petualangannya di AFC Cup 2019 setelah finish di peringkat tiga klasemen akhir Grup G setelah mengumpulkan tujuh poin

Manajer Persija Jakarta Beberkan Alasan Persija Gagal Ulang Sukses AFC Cup Musim Lalu
Warta Kota/Gisesya Ranggawari
Manajer Tim Persija Jakarta, Marsekal Pertama TNI AU, Ardhi Tjahjoko. 

Persija Jakarta harus mengakhiri petualangannya di AFC Cup 2019 setelah finish di peringkat tiga klasemen akhir Grup G setelah mengumpulkan tujuh poin dari enam kali pertandingan yang dilakoni.

Praktis gagal melajunya tim berjuluk Macan Kemayoran itu dari fase grup juga sebagai kegagalan mengulang sukses pada musim lalu.

Pada musim 2018 lalu, Persija yang masih ditangani pelatih Stefano Cugurra alias Teco berhasil menembus babak semifinal zona ASEAN sebelum dikalahkan Home United dengan skor agregat 6-3.

Manajer Persija Jakarta Ardhi Tjahjoko menilai gagal mengulang sukses tahun lalu lantaran materi pemain Persija yang kini terbatas, tidak seperti musim lalu.

"Perbedaan (dengan tahun lalu) jelas dari materi pemain terbatas. Di tahun ini kami tidak ada striker karena Simic tidak bisa main. Kendalanya di striker saja," ujar Ardhi kepada Warta Kota, Rabu (15/5/2019) malam.

Lebih lanjut menurut Ardhi poin penting gagalnya Persija lolos dari fase grup juga karena kalahnya tim Ibu Kota itu oleh Ceres Negros di kandang sendiri setelah sempat unggul 2-0 lalu dibalik menjadi 3-2.

Kesempatan lolos grup semakin berat sebab harus bertandang ke markas Becamex Binh Duong yang juga mendapat hasil minor kalah 1-3 dari tim wakil Vietnam itu.

Tapi, pria 51 tahun itu ingin legowo dan mencoa melupakan hasil yang ada serta mulai fokus mengejar gelar juara Piala Indonesia untuk satu tiket kembali ke ajang kasta kedua se-Asia itu.

"Mungkin kalau lawan Ceres menang masih ada harapan besar. Tapi kenyataannya begini, mau bagaimana lagi," ungkap Ardhi melanjutkan.

"Saya berharap Piala Indonesia bisa juara dan masuk AFC Cup lagi lewat status juara Piala Indonesia," imbuh ayah dua anak itu.

Senada dengan Ardhi, pelatih kepala Persija, Ivan Kolev juga menilai absennya para pemain Persija di AFC Cup juga membuat kerjasama antar pemain rusak, selain tentunya mengurangi kekuatan tim.

"Kami memang sangat kecewa hasil di AFC Cup ini. Disayangkan hampir semua game kami kehilangan banyak pemain dan ada banyak masalah," beber Ivan Kolev pada jumpa pers usai laga, Rabu (15/5/2019) malam.

"Kerjasama antar pemain menjadi terkadang rusak karena absennya banyak pemain. Tapinya itu sudah terjadi, mau bagaimana lagi," tutur pelatih asal Bulgaria itu.

Selain absennya Marko Simic di AFC Cup, Persija juga selalu dihadapkan dengan akumulasi kartu kuning dan badai cedera yang membuat Kolev tidak bisa menurunkan komposisi pemain terbaiknya.

Terdekat, Ismed Sofyan dan kawan-kawan akan menjalani laga perdana di Liga 1 2019 menghadapi Barito Putera pada Senin (20/5/2019) nanti di Banjarmasin. (M17)

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved