Pilpres 2019

KPU Siap Diaudit, tapi Bukan oleh Peserta Pemilu

BADAN Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meminta Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU diaudit.

KPU Siap Diaudit, tapi Bukan oleh Peserta Pemilu
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ratusan orang dari berbagai profesi mendatangi Gedung KPU, di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/2019). Mereka ucapkan terimakasih KPU. 

BADAN Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meminta Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU diaudit.

Sebab, mereka berpandangan Situng KPU tersebut penuh masalah, khususnya yang merugikan kubu paslon 02.

Menanggapi hal itu, Komisioner KPU Hasyim Asy'ari mengaku pihaknya siap untuk diaudit. Apalagi, sedari awal Situng mereka juga sudah pernah diaudit.

Amien Rais Nilai Wiranto Perlu Dibawa ke Mahkamah Internasional Gara-gara Hal Ini

"Kami siap. Sejak awal kita memang sudah diaudit," kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019).

Ia juga mengatakan, beberapa kali KPU sudah memenuhi protes keberatan dari kubu BPN, terutama soal kesalahan input data formulir C1 ke Situng KPU.

Bila BPN ternyata memiliki temuan baru soal kesalahan data Situng, KPU siap kembali mengklarifikasi permasalahan tersebut.

Amien Rais Ganti Istilah People Power dengan Gerakan Kedaulatan Rakyat, Takut Diciduk Polisi?

Lanjut Hasyim, KPU mengingatkan kepada BPN 02 untuk menyampaikan dugaan kesalahan input dara Situng tersebut lebih dahulu. Baru kemudian data versi BPN dan KPU dicocokkan.

Ia juga mengimbau agar BPN mengikuti proses rekapitulasi suara tingkat nasional yang hingga kini masih terus berlangsung.

"Segala macam hal keberatan, data, disampaikan ke KPU. KPU siap untuk diklarifikasi. Sejak awal sudah berkali-kali diajukan dan diurus," jelasnya.

Ini Hasil Penghitungan Suara Internal BPN Prabowo-Sandi, Ternyata Tak Sampai Menang 62 Persen

"Disampaikan ke KPU, nanti kita saling cek (data) aja. Kan rekapitulasi yang manual juga berjalan. Saya kira begitu," sambungnya.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved