Pariwisata

Indonesia Bakal Miliki Wisata Peradaban Muslim Terbesar Bernama Taman Miniatur 99 Masjid Dunia

Tak lama lagi Indonesia bakal memiliki kawasan wisata religi dan peradaban Islam terbesar dengan hadirnya 99 World Mosque Miniature Park atau Taman Mi

Indonesia Bakal Miliki Wisata Peradaban Muslim Terbesar Bernama Taman Miniatur 99 Masjid Dunia
Warta Kota/Feryanto Hadi
Ketua Umum Yayasan Amanah Kita, Hartono Limin (tengah) menunjukkan maket masjid utama di Komplek Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Rabu (15/5/2019) malam. 

Tak lama lagi Indonesia bakal memiliki kawasan wisata religi dan peradaban Islam terbesar dengan hadirnya 99 World Mosque Miniature Park atau Taman Miniatur 99 Masjid Dunia.

SEBANYAK 99 miniatur masjid dari 86 negara bakal berada di dalam satu kawasan seluas 215 hektar di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ketua Umum Yayasan Amanah Kita, Hartono Limin mengungkapkan, Taman Miniatur 99 Masjid Dunia (TM99MD) merupakan ikhtiar bahwa Indonesia sebagai bangsa besar yang dikenal memiliki kekuatan nilai-nilai Islam moderat dan kearifan lokal bisa turut serta melestarikan budaya Islam sedunia.

"Tujuannya agar kelak dapat diwariskan kepada generasi mendatang. Sebagai satu kekuatan masa depan, kaum muda perlu sekali mengetahui sejarah dan perkembangan Islam di dunia," ujar Hartono Limin saat menggelar konferensi pers di Kantor Yayasan Amanah Kita di Gandaria Tengah, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2016) malam..

Nantinya, kata Hartono Limin, di tempat ini menjadi pusat pendidikan dan kajian ilmu-ilmu Islam termasuk pusat pelestarian kebudayaan Islam dunia. 

 Ini Penjelasan Lengkap Kenapa THR PNS, Polri, TNI, dan Pensiunan Tidak Akan Cair 24 Mei Ini

 Penjelasan Lengkap Pakar IT BPN Prabowo-Sandi, Hasil Scanning C1 Situs KPU Gambar Editan Photoshop

 Prabowo Tolak Keabsahan Pilpres 2019 dan Tak Akan Gugat ke MK, Ini Konsekuensi Hukumnya Kata Ahli

Hartono menyebut, komplek wisata religi serta peradaban Islam itu akan menjadi yang terbesar dari yang selama ini ada.

Nantinya, selain dibangun miniatur masjid dengan arsitektur khas dari masing-masing negara, masyarakat juga bisa mengetahui sejarah Islam di negara-negara itu.

Beberapa miniatur masjid ternama di dunia yang akan hadir di sana antara lain Masjid Cordoba di Spanyol yang terkenal juga sebagai lembaga kajian keilmuan oleh para Khalifah Umayyah.

Kemudian, Masjid Aya Sofia di Instanbul yang disebut-sebut menjadi masterpiece seni arsitektur pada masa Bizantium.

Ada pula Masjid Al Azhar di Kairo yang telah mencetak ratusan ilmuan seperti Ibnu Sina, Ibn Yusuf Al Kindi dan sebagainya.

Halaman
1234
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved