Bulan Suci Ramadan

Hayo Siapa yang Masih Suka Bergosip di Bulan Ramadan, Begini Pengaruhnya Bagi Puasa Anda

Gosip,Gibah atau Bergunjing adalah perbuatan tercela yang dilakukan dengan mencari-cari kesalahan orang lain,bahkan hal yang benar pun akan disalahkan

Gibah termasuk perbuatan dilarang dalam Islam.

Kalau gibah tetap dilakukan sama saja dengan kemaksiatan.

Gibah disini artinya membicarakan keburukan orang lain atau populer disebut bergosip. 

Ghibah kata Imam Nawawi adalah menyebutkan kejelekan orang lain di saat ia tidak ada saat pembicaraan. (Syarh Shahih Muslim, 16: 129).

Amalan ini Sangat Disukai Allah yang Dikerjakan Pada Saat Sahur Ramadan, Jaminannya Masuk Surga

Dalam Al Adzkar (hal. 597), Imam Nawawi rahimahullah menyebutkan, “Gibah adalah sesuatu yang amat jelek, namun tersebar dikhalayak ramai. Yang bisa selamat dari tergelincirnya lisan seperti ini hanyalah sedikit.

Gibah memang membicarakan sesuatu yang ada pada orang lain, namun yang diceritakan adalah sesuatu yang ia tidak suka untuk diperdengarkan pada orang lain.

Boleh Menelan Ludah Saat Berpuasa, Tapi Begini Syaratnya

Sesuatu yang diceritakan bisa jadi pada badan, agama, dunia, diri, akhlak, bentuk fisik, harta, anak, orang tua, istri, pembantu, budak, pakaian, cara jalan, gerak-gerik, wajah berseri, kebodohan, wajah cemberutnya, kefasihan lidah, atau segala hal yang berkaitan dengannya.

Cara gibah bisa jadi melakui lisan, tulisan, isyarat, atau bermain isyarat dengan mata, tangan, kepala atau semisal itu.”

 Allah SWT menegaskan hal tersebut dalam firmannya di Q.S Al-Hujurat : 12

وَلاَ يَغْتِبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُ وَاتَّقُوْا اللهَ إِنَّ اللهَ تَوَّابٌ رَحِيْمٌ

Halaman
12
Penulis: Muhamad Rusdi
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved