BBWSCC Mengajak Kota Bekasi Berunding Bila Tak Mampu Laksanakan Pembebasan Bantaran Kali Bekasi

Mereka menawarkan kepada Kota Bekasi untuk berunding bila tidak mampu melakukan pembebasan lahan di bantaran Kali Bekasi.

BBWSCC Mengajak Kota Bekasi Berunding Bila Tak Mampu Laksanakan Pembebasan Bantaran Kali Bekasi
Warta Kota/Muhammad Azzam
Pergeseran tanah dan longsor menghantui 13 rumah yang berada di bantaran Kali Bekasi, RT 005 RW 004 Kelurahan Sepanjang Jaya, kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. 

Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane ‎(BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menawarkan kepada Kota Bekasi untuk berunding bila tidak mampu melakukan pembebasan lahan di bantaran Kali Bekasi.

Apalagi, Kota Bekasi sedang melakukan kesimbangan fiskal pada tahun 2019 ini akibat turbulensi pendapatan saat masa transisi pemerintahan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 kemarin.

"Kalau anggaran keuangan Pemerintah Kota Bekasi tidak mencukupi atau sanggup, Bapak Wali Kota Bekasi bisa merundingkan hal ini dengan pemerintah pusat, dirjen atau menteri (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)," kata Kepala BBWSCC Bambang Hidayah pada Kamis (16/5/2019).

Bambang mengatakan, pembebasan lahan merupakan hal yang mutlak untuk memudahkan normalisasi sungai alam tersebut.

Pihaknya akan mengirimkan surat rencana normalisasi kali sepanjang 15,5 kilometer dari Kabupaten Bogor hingga Kota Bekasi ini kepada Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Menurut dia, normalisasi Kali Bekasi sama halnya dengan normalisasi Kali Ciliwung di wilayah DKI Jakarta. Meski belum tuntas namun proses normalisasi sebagain kali diiringi dengan pembebasan lahan bantaran kali oleh pemerintah daerah. "Untuk normalisasi Kali Ciliwung memang belum selesai karena kami terkendala lahannya," katanya.

Seperti diberitakan, BBWSCC berencana akan menormalisasi Kali Bekasi sepanjang 15,5 kilometer yang membentang dari Kabupaten Bogor hingga Kota Bekasi. Rencana itu bahkan akan disampaikan ke Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dalam waktu dekat.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved