Film

Ada Dua Cerita Legenda Asli Indonesia yang Muncul di Upin Ipin The Movie: Keris Siamang Tunggal

Ada dua cerita legenda di Indonesia yang dimasukkan dalam kisah petualangan si kembar Upin dan Ipin di Upin Ipin The Movie: Keris Siamang Tunggal.

Ada Dua Cerita Legenda Asli Indonesia yang Muncul di Upin Ipin The Movie: Keris Siamang Tunggal
Istimewa
Upin Ipin The Movie (2019). 

Bagi masyarakat Indonesia, cerita rakyat seperti Malin Kundang dan Bawang Merah Bawah Putih sudah begitu familiar di telinga.

Dua cerita rakyat itu yang dipilih dan dimasukkan dalam kisah Upin Ipin The Movie: Keris Siamang Tunggal yang saat ini masih ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia.

Upin Ipin The Movie (2019).
Upin Ipin The Movie (2019). (Istimewa)

Meski tidak banyak, dua cerita rakyat tersebut berkaitan dengan misi Upin Ipin dalam menyelamatkan Kerajaan Inderaloka dari kekejaman Raja Bersiong.

"Kita punya kemiripan dalam hal cerita (dengan Malaysia), sama-sama punya cerita Bawang Merah Bawang Putih dan Malin Kundang, mungkin juga beberapa cerita rakyat lainnya," kata Titan Hermawan, Managing Director MNCP, berbincang Kamis (16/5/2019).

Tiga Hari Diputar di Bioskop Indonesia, Upin Ipin The Movie Ditonton Hampir 100 Ribu Orang

Hanya saja, versi cerita rakyat di Indonesia dan Malaysia berbeda, meski judulnya mirip, atau bahkan sama.

Menurut Syed Nurfaiz Khalid, sutradara Upin Ipin The Movie: Keris Siamang Tunggal, masuknya unsur cerita rakyat yang dikenal di Tanah Air itu hanya merupakan pelengkap cerita fantasi petualangan Upin dan Ipin.

Roadshow 'Upin Ipin The Movie: Keris Siamang Tunggal' di 9 Bioskop Jabodetabek.
Roadshow 'Upin Ipin The Movie: Keris Siamang Tunggal' di 9 Bioskop Jabodetabek. (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

"Ini cerita fantasi dengan memasukkan unsur-unsur cerita yang ada di Nusantara seperti cerita Malin Kundang. Kisah Malin Kundang itu versi Malaysia adalah Si Tanggang. Sementara cerita Bawang Merah Bawang Putih, hanya diambil versi baik, yaitu Bawang Merahnya saja," jelas Syed Nurfaiz Khalid.

Syed Nurfaiz Khalid menegaskan, kisah dalam Upin Ipin The Movie: Keris Siamang Tunggal benar-benar cerita rekaan, fantasi dan bukan cerita yang menitikberatkan sisi legendanya.

Serial Animasi Upin dan Ipin Diangkat ke Layar Lebar, Mampukah Menjadi Box Office di Indonesia?

Hadirnya cerita rakyat populer itu menambah warna cerita Upin Ipin: Keris Siamang Tunggal.

Selain animasinya yang diklaim memiliki kualitas tidak jauh dari film animasi produk Hollywood, banyak pesan moral yang disampaikan dari keluguan si kembar Upin dan Ipin.

Upin dan Ipin The Movie: Keris Siamang Tunggal mulai diputar di bioskop Indonesia pada Kamis (9/5/2019).
Upin dan Ipin The Movie: Keris Siamang Tunggal mulai diputar di bioskop Indonesia pada Kamis (9/5/2019). (Dokumentasi MNC Pictures)

"Upin Ipin Keris Siamang Tunggal adalah tontonan berkualitas yang sangat pas untuk menjadi tontonan keluarga, apalagi di bulan Ramadan," ujar Chandra Sapta Surya, Promo and Strategic Planner Division Head MNCP.

"Sebuah hiburan yang bermanfaat untuk anak-anak. Sepulang sekolah sambil ngabuburit menunggu saat berbuka puasa tiba," lanjut Chandra Sapta Surya.

Upin Ipin: Keris Siamang Tunggal menceritakan petualangan Upin dan Ipin dalam misi menyelamatkan Kerajaan Inderaloka dari kekejaman Raja Bersiong.

Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved