Surat Rekomendasi Revitalisasi 4 Pasar Dikirim Sejak Januari 2019, DPRD Kok Belum Ada Pansus?

Kami akan membuat perjanjian kerjasama dengan pihak ketiga bila sudah mendapat surat rekomendasi, karena selama 20 tahun pasar dikelola pihak ketiga

Surat Rekomendasi Revitalisasi 4 Pasar Dikirim Sejak Januari 2019, DPRD Kok Belum Ada Pansus?
Warta Kota/Fitriyandi Al Fadjri
Suasana Pasar Jatiasih yang bakal direvitalisasi oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan Pemerinta Kota Bekasi. 

Pemerintah Kota Bekasi meminta DPRD Kota Bekasi agar mengeluarkan surat rekomendasi rencana pembangunan empat pasar di wilayahnya.

Sebab sampai sekarang, surat rekomendasi yang telah diusulkan pada awal Januari 2019 lalu masih belum disetujui legislator setempat.

"Suratnya belum diterima, dan saya harap bisa segera dikeluarkan karena target kami tahun ini pengerjaan empat pasar itu sudah selesai dibangun," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi Makbullah pada Rabu (15/5).

PKS dan PDIP Sama-sama Dapat 12 Kursi DPRD Kota Bekasi

Ini Rumah Menteri PUPR Basuki yang Akan Kena Gusur Tol Becakayu, Sederhana untuk Sekelas Menteri

Angka Partisipasi Pemilih Kabupaten Bekasi 81 Persen Melampaui Target KPU RI

Makbullah menjelaskan, keempat pasar itu adalah Pasar Kranji Baru, Pasar Jatiasih, Pasar Family Mart dan Pasar Bantargebang.

Rekomendasi legislator diperlukan karena pasar bakal dikerjasamakan dengan pihak swasta, apalagi dana revitalisasi diperoleh dari mereka.

Kalangan DPR Ungkap 4 Langkah yang Bisa Diambil Kemenkumham Atasi Kasus Pembakaran Lapas

"Kami akan membuat perjanjian kerjasama dengan pihak ketiga bila sudah mendapat surat rekomendasi, karena selama 20 tahun pasar akan dikelola pihak ketiga dan setelah itu akan diserahkan ke pemerintah daerah sebagai aset," ujar Makbullah.

Dia merinci, nilai proyek revitalisasi pasar bervariasi tergantung dimensi dan luas pasar yang dibangun. Misalnya untuk Pasar Kranji Baru nilai investasinya sebesar Rp 145 miliar lebih, Pasar Jatiasih sebesar Rp 44 miliar lebih, Pasar Family Mart senilai Rp 17 miliar lebih dan Pasar Bantargebang sebesar Rp 42 miliar lebih.

"Pasar perlu direvitalisasi karena sudah tua dan umurnya sudah 30 tahun lebih. Jadi atap ada yang bocor kalau hujan dan sistem drainase juga kurang baik," jelasnya.

Komentar DPRD

DPRD Kota Bekasi menanggapi pernyataan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi tentang surat rekomendasi revitalisasi empat pasar di wilayah setempat.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Wito Karyono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved