Berita Video

Meski Berpuasa, Tubuh Jangan Sampai Kekurangan Air

harus memenuhi kebutuhan air dengan rekomendasi delapan gelas sehari atau 2 liter.

Tubuh sebagian besar mengandung air. Jadi jangan biarkan tubuh kekurangan cairan.
Berbagai organ dalam tubuh seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70-80 persen air dan kurang lebih 50-60 persen tubuh manusia tersusun dari air.

Oleh karenanya, hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebab dapat berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran, serta kinerja seseorang.

Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK, mengatakan, minum air yang cukup sangatlah penting untuk keseimbangan pengaturan proses biokimia, pengatur suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energi dan sisa metabolisme.

Dengan demikian, air membantu tubuh menggunakan nutrisi secara lebih efektif.

VIDEO: Warga Kebon Jahe Petojo Ikut Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Ia menjelaskan, rekomendasi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan di Tumpeng Gizi Seimbang, selain memenuhi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, harus memenuhi kebutuhan air dengan rekomendasi delapan gelas sehari atau 2 liter.

Pemenuhan cairan ini diperlukan untuk mencegah dehidrasi atau ketidakseimbangan kebutuhan cairan tubuh yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Gangguan jangka pendek menyebabkan penurunan konsentrasi, kelelahan dan sembelit.

VIDEO: KPU Jakarta Utara Digeruduk Warga Minta Kotak Suara Dibuka

Sementara jangka panjang diantaranya menyebabkan gangguan ginjal (batu ginjal, penyakit ginjal kronis), infeksi saluran kemih atau pun risiko kegemukan.

"Apalagi bayi sekitar 80 persen merupakan air. Ketika mulut kering, cranky, urin pekat harus segera minum. Kalau sudah dehidrasi berat sensasi hausnya tidak ada dan anak tidak mau minum. Harus segera dibawa ke rumah sakit agar tetap terhidrasi bila dibiarkan akan menyebabkan kejang bahkan kehilangan nyawa. Terutama bila sedang diare," ujar dokter Nurul saat talkshow dengan tema Mengenal Jenis dan Manfaat Air Minum Dalam Kemasan di Indonesia di Hotel Hermitage, Selasa (14/5/2019). (Lis)

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved