Tip Otomotif

Ini Cara Tepat Mengendarai Sepeda Motor Pakai Boks, Jangan Membawa Beban Terlalu Berat

SEBENARNYA, sepeda motor tidak didesain untuk membawa barang bawaan yang banyak. Namun, banyak pengendara yang menambahkan boks di sepeda motornya.

Ini Cara Tepat Mengendarai Sepeda Motor Pakai Boks, Jangan Membawa Beban Terlalu Berat
Istimewa
ILUSTRASI Seorang pengendara memasang boks di sepeda motor yang dikendarainya. 

"Pengendara harus bisa mengendarai sepeda motornya dengan baik, artinya telah mengerti karakter motornya. Sehingga untuk melakukan manuver apapun menjadi lebih mudah dan aman."

SEBENARNYA, sepeda motor memang tidak didesain untuk membawa barang bawaan yang banyak.

Namun, kerap kali, untuk mengakali situasi ini, pengendara motor memasang boks atau pannier tambahan untuk tempat barang bawaannya.

Dengan memasang boks di sepeda motor, tentunya si pengendara harus lebih waspada di saat mengendarainya, karena sepeda motor itu akan lebih sulit diajak bermanuver.

Ini 8 Tip Mudik via Jalan Tol, mulai Pastikan Kendaraan Fit hingga Cek Kartu Tol Elektronik dan BBM

4 Tip Aman Berkendara saat Berpuasa, Maksimalkan Beragam Fitur Hiburan di Dalam Mobil

Nah, agar aman dan nyaman mengendarai sepeda motor pakai boks, ternyata diperlukan teknik berkendara yang khusus.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani dari main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, menjelaskan beberapa teknik yang diperlukan untuk menaklukkan motor yang sudah menggunakan boks di bagian samping dan belakang.

"Pengendara harus bisa mengendarai sepeda motornya dengan baik, artinya telah mengerti karakter motornya. Sehingga untuk melakukan manuver apapun menjadi lebih mudah dan aman," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (14/5/2019).

Benelli Mulai Bergabung, Ini Daftar Harga Motor Sport 150 cc Bulan Mei 2019

Soal Kesepakatan Harga Matic, Yamaha dan Honda Diminta Turunkan Harga

Dipaparkan lebih lanjut, ketika ingin menyalip di antara kendaraan harus memprediksi atau memperkirakan jarak antara boks dgn kendaraan yang ingin dilewati, sehingga motor dapat lewat atau menyalip dengan aman.

Sebaiknya jangan membawa beban yang terlalu berat, jadi harus memperhatikan batasan beban yang bisa dimuat di boks tersebut.

"Setiap boks ada ukuran maksimal jumlah beban yang bisa dimuat, semakin berat beban yg dibawa maka akan semakin sulit kita melakukan manuver," ujar Agus.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved