Ribuan Butir Pil Sabu Berhasil Dicegah Masuk Rutan Depok, Libatkan Empat Orang Tersangka

Petugas mencurigai salah satu pengunjung dengan nama Gunay yang membawa barang di dalam kemasan susu bubuk

Ribuan Butir Pil Sabu Berhasil Dicegah Masuk Rutan Depok, Libatkan Empat Orang Tersangka
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Ilustrasi Rutan Cilodong, pada Mei tahun 2017. 

Personel Satuan Reserse Narkoba Polresta Depok dan petugas Rumah Tahanan Klas IIB Depok, Cilodong, menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu padat berbentuk pil atau dikenal dengan nama yaba ke dalam rutan, pekan lalu.

Perwira Humas Polresta Depok, Iptu I Made Budi, mengungkapkan, total barang bukti pil yaba yang berhasil disita petugas sebanyak 2.385 butir.

Bersama dengan ribuan pil yaba, petugas turut menyita barang bukti empat pil ekstasi yang juga hendak diselundupkan ke dalam Rutan Depok.

Dinas Kesehatan Kota Depok Ikut Siaga Cacar Monyet, Warga Diimbau Jaga Daya Tahan Tubuh

Derry Nekat Masturbasi di Depan Penghuni Kos Cewek di Depok, Kepergok dan Jadi Bulan-bulanan Warga

Jokowi-Maruf Cuma Unggul di 2 Dari 11 Kecamatan di Depok, Termasuk Kecamatannya Anang-Ashanty

Made menjelaskan, upaya penyelundupan narkotika itu melibatkan empat tersangka, yakni Gunay, Kiky, Andrey, serta Firdaus yang merupakan penghuni Rutan Depok.

Dia menyampaikan, penggagalan penyelundupan ribuan pil narkotika ke dalam Rutan Depok bermula dari informasi yang didapat petugas Rutan Depok yang mengendus rencana pengiriman narkoba tersebut.

Selanjutnya, petugas Rutan berkoordinasi dengan polisi. Saat hari pengiriman barang haram itu, 4 Mei lalu, petugas pun melakukan pemeriksaan ketat terhadap barang bawaan para pembesuk.

Link Live Streaming, Klasemen Sementara, dan Prakiraan Pemain Lao Toyota FC Vs PSM Makassar

Dari hasil pemeriksaan, salah satu pengunjung bernama Gunay kedapatan membawa 100 butir yaba yang ia masukkan ke dalam kemasan susu bubuk.

"Petugas mencurigai salah satu pengunjung dengan nama Gunay yang membawa barang di dalam kemasan susu bubuk. Setelah diperiksa, ternyata benar dia membawa narkotika," ujar Made kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).

Berdasarkan pemeriksaan, Gunay mengaku pil yaba itu akan dia selundupkan ke dalam Rutan atas perintah Firdaus.

Gunay mengaku mengambil barang haram tersebut di daerah Jakarta Barat dengan dipandu seseorang yang tidak dikenal.

"Nomor orang tidak dikenal itu diberikan Firdaus kepada Gunay untuk memandunya mengambil barang haram tersebut," terang Made.

Made mengatakan, setelah dilakukan pendalaman, polisi berhasil menyita ribuan lagi pil yaba dari yaba dari tiga lokasi berbeda.

Lokasi pertama di rumah Kiky, teman pelaku, di daerah Pakansari Cibinong. Kemudian yaba tersebut dipindahkan ke rumah Andrey di daerah Babakan Madang Bogor. Setelah itu, barang haram tersebut dipindahkan lagi ke kontrakan Gunay di Jalan Mayor Oking, Cibinong.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, para pelaku dijerat pasal 114 ayat (1) jo pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman pidana di atas 10 tahun penjara. (gps)

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Wito Karyono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved