Industri Rumahan Kue Lebaran Marak di Bekasi, Segera Dirazia Pastikan Keamanan Kandungannya

Kami ingin pastikan bahwa makanan kue kering yang disajikan ke masyarakat tidak mengandung zat berbahaya sehingga layak dikonsumsi

Industri Rumahan Kue Lebaran Marak di Bekasi, Segera Dirazia Pastikan Keamanan Kandungannya
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi: Kue kering di Rumah Produksi Kwitang Pusaka milik Pak Ujang, di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (15/6). 

Maraknya produsen kue kering khas lebaran industri rumahan, membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi mulai meningkatkan pengawasan.

Dinas berencana akan menggelar razia ke tempat industri rumahan kue kering untuk memastikan kandungan pangan yang dipakai aman dan layak dikonsumsi.

"Kami ingin pastikan bahwa makanan kue kering yang disajikan ke masyarakat tidak mengandung zat berbahaya sehingga layak dikonsumsi," kata Kepala Seksi Kefarmasian pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Aam Komalasari pada Selasa (14/5).

Nastar dan Kastengel Masih Jadi Favorit Kue Lebaran

Toko Kue Lebaran di Bekasi Mulai Kebanjiran Pesanan

Kampung Arus Terendam Banjir, Warga Tunda Bikin Kue Lebaran

Aam mengatakan, razia itu akan digelar dalam waktu dekat dengan menyisir permukiman warga yang padat penduduk.

Karena itu, dinasnya juga berkoordinasi dengan kelurahan maupun desa di wilayah setempat untuk memetakan keberadaan penjual kue kering di wilayahnya.

"Kue lebaran produksi rumahan biasanya kan tidak memasang masa kadaluarsa, itu yang nantinya kita cek sekaligus mengambil sampel untuk diuji di laboratorium," ujar Aam.

Shan United Incar Satu Poin di Kandang Persija Jakarta pada Laga Terakhir AFC Cup 2019

Menurut dia, operasi ini digelar untuk menindaklanjuti Surat Edaran Badan Pengawas Makanan dan Obat (BPOM) Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu.

BPOM Jawa Barat meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi untuk memonitoring makanan rumahan yang cenderung produksinya meningkat saat bulan Ramadan.

"Surat Edaran itu juga sebetulnya tidak hanya untuk Kabupaten Bekasi saja, tapi untuk wilayah kota/kabupaten lainnya di wilayah Jawa Barat. Karena kita mendapat surat edaran itu, maka pengawasan kita tingkatkan," jelasnya.

Tips Beli Kue Lebaran

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Wito Karyono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved