Demam Berdarah

Gairah Nyamuk Menurun Saat dengar Lagu Dugem

Indera pendengaran nyamuk sangat sensitif, sehingga mereka sangat terganggu berada di tempat yang hingar-bingar.

Gairah Nyamuk Menurun Saat dengar Lagu Dugem
istimewa
Digigit Nyamuk 

Kebanyakan nyamuk keluar di malam hari, berdengung-dengung bising seperti mencari mangsa, terutama di tempat-tempat yang gelap.

Namun, meski pun senang keluar malam dan bermain di tempat gelap, nyamuk ternyata tidak suka dugem di klub malam yang bising dengan hentakan musik karya Skrillex

Serangga ini bukannya takut kalah bising dengan jenis musik dubstep itu, melainkan karena mereka takut tak bisa bereproduksi lagi akibat mendengar lagu-lagu Skrillex.

Hal itu memang terdengar aneh, namun hal itulah temuan para peneliti University of Malaysia di Sarawak.

Menurut hasil riset tersebut, yang dipublikasikan di media Acta Tropica, nyamuk menjadi kesulitan berkomunikasi satu sama lain, di lingkungan yang bising dengan musik elektronik.

"Nyamuk jantan dan betina memproduksi suara dengan mengepakkan sayap. Agar proses kawin sempurna, nyamuk jantan harus menyelaraskan suara kepakan sayapnya dengan suara pasangannya," demikan pernyataan para peneliti di laporan tersebut, yang dilansir BBC.

Frekwensi

Serangga ini memiliki indera pendengaran yang sensitif untuk menunjang proses reproduksi tersebut.

Saking sensitifnya, indera pendengaran tersebut langsung terganggu jika mendengar bunyi bising musik elektronik yang berfrekwensi tinggi.

"Pada serangga, suara berfrekwensi rendah bisa memunculkan ketertarikan seksual pada nyamuk betina. Sebaliknya, nada frekwensi tinggi akan menyurutkan keinginan untuk berhubungan intim," ujar peneliti.

Halaman
1234
Penulis: AC Pingkan U
Editor: AC Pinkan Ulaan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved