Pemilu 2019

Angka Partsipasi Pemilih di Kota Bekasi Capai 76,1 Persen tapi Tak Penuhi Target Nasional KPU

Angka Partsipasi Pemilih di Kota Bekasi Capai 76,1 Persen tapi Tak Penuhi Target KPU RI

Angka partisipasi pemilih Kota Bekasi pada Pemilu 2019 mencapai 76,1 persen.

Meskipun, angka itu meningkat dari pada angka partispasi pada Pemilu sebelumnya tetapi angka itu mencapai target KPU RI yakni 77,5 persen.

Kordinator Divisi Teknis Pelaksanaan KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa mengatakan, angka partispasi pemilih pada Pemilu 2019 ini mencapai 76,1 persen. Angka itu jauh meningkat dibanding Pemilu 2014 lalu.

"Dibanding Pemilu 2014 partisipasi pemilih hanya 60,9 persen, sedangkan partisipasi untuk Pileg 2014 hanya 49 persen. Pilkada kemarin juga hanya 74 persen. Ini jadi catatan paling baik," kata Ali Syaifa, Minggu (12/5/2019).

Ali menjelaskan faktor meningkatkan angka partisipasi pemilu dikarenakan bersamaan dengan Pilpes dan pendidikan politik masyarakat yang sudah semakin baik.

"Diluar fenomena dan kondisi suhu politik yang ada. Kami merasa kesadaran politik warga masyarakat semakin baik, pendidikan politik juga semakin efektif. Ini jadi pemicu masyarakat terlibat dalam menentukan masa depan bangsa lima tahun ke depan," jelas Ali.

Meskipun angka tersebut tidak mencapai target sesuai yang ditetapkan KPU RI.

"Ya belum tercapai, hanya terpaut sedikit dari target. Tapi saya rasa itu suatu kemajuan atau peningkatan yang luar biasa jika dilihat angka pemilu lalu," ungkapnya.

Ali menambahkan selama ini, pihaknya juga telah maksimal dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya.

Semua kategori pemilih disambangi dan diberikan penjelasan mengenai pentingnya suara mereka dalam menentukan pemimpinnya.

"Kita sudah lakukan upaya sosialiasi, terlebih ke pemilih pemula ini agar menyalurkan hak suaranya," ujarnya.

Untuk diketahui KPU Kota Bekasi telah rampung menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota pada Jumat, (10/5/2019) malam.

Hasilnya, perolehan suara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengalahkan perolehan suara pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Pasangan nomor urut 02 memperoleh 752.254 suara atau 54,9 persen sedangkan pasangan nomor urut 01 memperoleh 617.907 suara atau 45,1 persen.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved