Berita Bekasi

Penutupan Perlintasan Cakung Demi Keselamatan Masyarakat Pengendara Bekasi dan Cakung

Penutupan Perlintasan kereta sebidang di Stasiun Cakung Demi Keselamatan Masyarakat Pengendara Bekasi dan Cakung.

Penutupan Perlintasan Cakung Demi Keselamatan Masyarakat Pengendara Bekasi dan Cakung
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Perlintasan kereta sebidang di Stasiun Cakung ditutup pada Sabtu (11/5/2019). Tidak hanya pengendara Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur saja yang kesulitan namun pengendara dari Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi juga kesulitan sehingga harus mencari rute lain. 

Penutupan Perlintasan kereta sebidang di Stasiun Cakung Demi Keselamatan Masyarakat Pengendara Bekasi dan Cakung.

BALAI Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jakarta dan Banten (BTPWJB) pada Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah menutup perlintasan kereta sebidang di Stasiun Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (11/5) 00.01.

Penutupan ini berimbas pada aksesibilitas warga karena perlintasan sebidang tersebut selama ini digunakan warga Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi maupun warga Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Kepala BTPWJB Kementerian Perhubungan, Jumardi mengatakan, penutupan perlintasan tersebut merupakan upaya untuk melindungi masyarakat dari bahaya kecelakaan tertabrak kereta api yang melintas.

Apalagi frekuensi kereta yang melintas di wilayah setempat lebih tinggi seiring dengan beroperasinya jalur dwiganda atau double-double track (DDT) sejak 12 April lalu.

 Mimpi Basah Apakah Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad dan Doa Mandi Junub

 Kubu Prabowo Subianto - Sandiaga Uno Terus Munculkan Polemik, Picu Pecahnya Koalisi 02

 Titiek Soeharto Jenguk Pendukung Prabowo Sandi yang Diduga Keracunan Makanan Saat Demo KPU

 

"Ada perubahan grafik perjalanan kereta api (gapeka) di bulan Oktober nanti, sehingga frekuensi kereta lebih tinggi. Karena itu, demi mendukung keselamatan perjalanan operasional kereta dan masyarakat yang melintas, maka perlintasan sebidang ini ditutup," kata Jumardi pada Sabtu (11/5/2019).

Menurut dia, perlintasan sebidang kereta api yang ditutup bukan hanya di penjaga jalan lintasan (PJL) 66 Cakung saja, tapi di PJL 52 Pisangan Lama dekat Pasar Enjo, Pulogadung, Jakarta Timur.

Bagi pengendara yang terbiasa melintasi perlintasan ini, sebaiknya beralih ke jalur alternatif atau jembatan layang (fly over) yang dibangun pemerintah seperti di Cipinang bagi pengendara di dekat Pasar Enjo.

"Rencananya flyover (Cakung) akan dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta mulai pertengahan tahun ini," ujarnya.

Dia menambahkan, bagi pejalan kaki mereka tidak perlu risau karena tetap bisa menyebrang perlintasan kereta api tersebut.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved