Berita Tangerang

BPOM Temukan Terasi Memakai Pewarna Tekstil di Pasar Serpong

BPOM temukan terasi yang masih menggunakan pewarna rhodamin B di Pasar Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (11/5/2019).

BPOM Temukan Terasi Memakai Pewarna Tekstil di Pasar Serpong
Wartakotalive/Zaki Ari Setiawan
Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie saat mendampingi Inspektur Jendral Kementerian Perdagangan, Srie Agustina ketika operasi pasar di Pasar Serpong, Sabtu (11/5/2019). 

Badan Pengawas Obat dan Makanan - BPOM temukan terasi yang masih menggunakan pewarna rhodamin B di Pasar Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (11/5/2019).

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menjelaskan, terasi tersebut merupakan satu di antara 21 komoditas di Pasar Serpong yang diperiksa oleh BPOM.

"BPOM melakukan sampling terhadap 21 jenis komoditas, hanya satu yang masih ditemukan masih menggunakan zat pewarna yaitu terasi menggunakan pewarna rodhamin B," kata Benyamin saat mendampingi operasi pasar bersama Inspektur Jendral Kementerian Perdagangan, Srie Agustina.

Sidak Pasar Senen, Irwandi; Stok Cukup dan Harga Pangan Masih Stabil

Rodhamin B diketahui sebagai pewarna tekstil dan kertas yang tidak baik untuk dikonsumsi.

Komoditas lainnya yang diuji oleh BPOM dan dianggap tidak memiliki masalah di antaranya adalah ayam, udang, tahu, tempe, ikan, bakso, dan mie.

VIDEO: Inspeksi Mendadak Pasar Takjil Benhil, Ditemukan Makanan Positif Rhodamine

Atas temuan terasi yang mengandung pewarna itu, maka pemerintah setempat meminta para pedagang untuk tidak menjual terasi tersebut.

"Karena pedagang beli dari pedagang besar, nanti kita telusuri, yang pasti terasi itu kita imbau untuk dijual lagi," ucap Benyamin.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Maya Mardiana mengatakan akan segera mengadakan pembinaan dan pelatihan kepada pedagang terkait komoditas yang layak dijual.

"Nanti akan kita lakukan pelatihan, karena pedagang kan tidak mengetahui ketika membeli ke produsen ada zat rhodamin B atau apa. Kalau sudah dilakukan pembinaan dan masih melakukan, baru ke ranah yang lain," katanya.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved