Bodetabek

BPOM Banten Temukan Usus Ayam di Pasar Anyar Tangerang Mengandung Formalin Berkadar Tinggi

BPOM Banten sedang melacak dari mana asal bahan makanan yang mengandung formalin itu didapatkan oleh pedagang di Pasar Anyar, Tangerang.

BPOM Banten Temukan Usus Ayam di Pasar Anyar Tangerang Mengandung Formalin Berkadar Tinggi
warta kota
Inspektur Jendral Kementerian Perdagangan Srie Agustina ikut menyaksikan pengujian sampel bahan makanan hasil sidak BPOM Banten di Pasar Serpong. Sidak juga digelar di Pasar Anyer, Kota Tangerang, Sabtu (11/5/2019). 

Sebanyak 20 komoditas bahan makanan di Pasar Anyar, Kota Tangerang, diuji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Banten, Sabtu (11/5/2019).

Hasilnya, BPOM menemukan usus ayam di Pasar Anyar Tangerang mengandung formalin dengan kadar tinggi.

"Kita dapatkan satu sampel yang mengandung formalin dengan kadar cukup tinggi, ada di usus ayam yang kita beli pada satu pedagang," kata Kepala BPOM Banten, Sukriyadi Darma.

Tingkatkan Kenyamanan Konsumen, Sushi Tei Umumkan Sertifikat Halal dari MUI

Guna mencegah peredaran bahan makanan berformalin itu dikonsumsi masyarakat, maka BPOM menyita produk tersebut.

Pedagang usus ayam itu juga diminta untuk dapat bekerjasama memberikan informasi tempat usus ayam itu dibeli.

"Kalau dia baru melakukan pelanggaran kali ini kita lakukan pembinaan dan pendekatan, dia harus kooperatif untuk menyebutkan sumber pembeliannya dimana agar kita bisa tahu sumber pencampuran formalin itu ada di mana," ujar Sukriyadi.

DKPKP Jakarta Timur masih Temukan Bahan Makanan Berformalin

Sukriyadi mengingatkan betapa bahayanya makanan yang dicampur dengan formalin, dampak yang ditimbulkan dari mengkonsumsi formalin juga tidak main-main.

"Formalin ini sangat berbahaya bila dikonsumsi dalam kurun waktu tertentu dengan kadar tertentu itu sifatnya karsinogenik bisa menyebabkan kanker. Kemudian dapat menyebabkan juga kerusakan hati dan ginjal sehingga menyebabkan kematian, sangat berbahaya," jelasnya.

Pengujian bahan pangan itu dilakukan bersamaan dengan Operasi Pasar bawang putih yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan di Pasar Anyar, Kota Tangerang.

 

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved