NBA Akan Perbanyak Wasit Perempuan

Langkah paling dekat adalah dengan memastikan rasio seimbang, 50:50 antara laki-laki dan perempuan ketika merekrut wasit baru.

NBA Akan Perbanyak Wasit Perempuan
Warta Kota
Ilustrasi 

JUMLAH wasit perempuan di NBA sampai saat ini masih sedikit.

Hal ini membuat komisioner NBA Adam Silver berencana untuk memperbanyak jumlah wasit perempuan untuk memimpin kompetisi bola basket bergengsi tersebut.

Langkah paling dekat adalah dengan memastikan rasio seimbang, 50:50 antara laki-laki dan perempuan ketika merekrut wasit baru.

"Ini menjadi wilayah yang sejujurnya saya sadar tapi tak paham mengapa masih begitu didominasi oleh para pria untuk waktu yang sangat lama," kata Silverd.

Padahal, menurut Silver wilayah kerja wasit tidak memiliki prasyarat fisik yang membuat laki-laki lebih wajar menjalaninya ketimbang perempuan.

"Tujuan saya, di waktu mendatang, wasit baru yang memasuki liga ini sebaiknya dengan rasio 50:50," ujarnya dikutip dari Antaranews.

Di liga pengembangan NBA, G League, dua dari lima wasit baru yang direkrut adalah perempuan.

Peserta Produce X 101 Ini Tinggalkan Acara karena Alasan Ini

Pun demikian dengan tambahan tersebut, jumlah wasit perempuan di G League masih cuma tiga orang.

Lebih lanjut, Silver bahkan berharap bahwa kehadiran perempuan bukan cuma di area wasit tetapi juga di sektor pelatih kepala.

"Demikian juga untuk pelatih kepala, kami punya program untuk itu juga. Saya pikir tidak ada alasan mengapa perempuan tak boleh melatih tim bola basket laki-laki," pungkasnya.

Hingga saat ini memang belum ada pelatih kepala perempuan menangani tim NBA.

Di jajaran asisten pelatih terdapat Becky Hammon di San Antonio Spurs dan Kristi Toliver di Washington Wizards, kendati ia juga masih aktif bermain untuk tim WNBA Washington Mystics.

Sedangkan di jajaran manajemen, terdapat nama Kelly Krauskopf yang jadi Asisten General Manager Indiana Pacers.

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved