Bulan Suci Ramadhan

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Bagi Yang Ingin Berolahraga Saat Puasa

Berolahraga saat sedang berpuasa? Kenapa tidak. Tapi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan juga, agar aman dan tetap sehat.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Bagi Yang Ingin Berolahraga Saat Puasa
Canadian Running Magazine
Persiapkan tubuh sebaik mungkin sebelum berolahraga saat Anda sedang berpuasa selama bulan Ramadhan ini. 

Tetap ingin berolahraga saat sedang berpuasa? Boleh-boleh saja.

Saptawati Bardosono, dalam artikel yang dikutip Kompas.com dari HelloSehat mengatakan, berpuasa memang seharusnya tak menghalangi aktivitas keseharian.

Termasuk melakukan olahraga yang disukai.

Akan tetapi, dokter spesialis gizi dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu mengungkapkan, bagi yang ingin berolahraga saat berpuasa, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Selama berpuasa terjadi perubahan waktu asupan makanan dan minuman, yakni hanya pada saat sahur (setelah subuh) dan magrib (matahari terbenam) hingga malam hari

Mulai pagi dan sepanjang siang hari, tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman. Bagi kita yang berada di Indonesia, rentang waktu berpuasa itu rata-rata berlangsung selama 13 jam per hari.

Perubahan pola makan ini dapat memengaruhi fungsi tubuh. Maka sebelum melakukan olah raga, sangat penting bagi setiap individu untuk mengenali kondisi tubuhnya masing-masing.

Saptawati mengatakan, yang terpenting adalah setelah melakukan olahraga, tidak merasa lemas, pusing, atau bahkan pingsan.

1. Waktu Terbaik
Olahraga membutuhkan energi. Maka waktu terbaik untuk melakukan aktivitas ini setelah tubuh mendapatkan asupan makanan dan minuman yang cukup, yakni seusai berbuka.

Meski begitu, bagi mereka yang sudah terbiasa berolahraga, bisa juga melakukannya sekitar 30-60 menit sebelum waktu berbuka.

Halaman
123
Penulis: Ika Chandra Viyatakarti
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved