Bulan Suci Ramadan

Jangan Lupakan Kesehatan Tulang Selama Bulan Ramadan

Tanpa disadari, asupan kalsium berkurang saat berpuasa. Inilah tip untuk menjaga tulang tetap sehat, meski berpuasa selama sebulan penuh.

Jangan Lupakan Kesehatan Tulang Selama Bulan Ramadan
Lifealth
Ilustrasi tulang kuat 

Berpuasa selama 12 jam lebih selama bulan Ramadan, membuat banyak orang lebih mementingkan kenyang dan menghilangkan dahaga saat berbuka. Padahal banyak hal lain yang harus diperhatikan, termasuk soal kesehatan tulang.

Faktanya, ketika berpuasa asupan kalsium otomatis berkurang, karena kita mengurangi konsumsi makanan. Padahal tubuh tetap meminta pasokan kalsium harian yang sama dengan saat tidak berpuasa.

Dr Bhuvaneshwar Machani, seorang dokter spesialis bedah ortopedi di Dubai, menyarankan masyarakat mengadopsi habitus baru saat berpuasa, agar tulang tetap sehat.

Apa saja sih cara menjalankan kesejatan tulang selama berpuasa?

1. Menjaga asupan kalsium
Orang dewasa membutuhkan 1.000 sampai 1,200 miligram kalsium per hari, untuk menjaga kesehatan tulangnya. Saat berpuasa, jumlah kalsium yang masuk ke tubuh biasanya berkurang.

Akibatnya, tubuh mengambil "tabungan" kalsium dari tulang, demi menjaga kadar kalsium dalam darah tetap normal. Masalahnya, hal ini membuat kepadatan tulang berkarang. Dalam jangka panjang bisa mengakibatkan osteporosis.

Karena itu, dokter Machani menganjurkan agar berbuka dengan keju atau segelas susu. Keju bisa dipanggang, untuk membuat rasanya lebih enak.

Yoghurt juga pilihan yang baik untuk disantap saat sahur. Apalagi jika yoghurt dicampur dengan stroberi dan kacang almon, sehingga kebutuhan nutrisi harian lainnya juga tercukupi.

Yoghurt sangat menyehatkan disantap saat sahur
Yoghurt sangat menyehatkan disantap saat sahur (google)

Dampak Buruk Diet Tidak Sehat Bisa Akibatkan Osteoporosis?

2. Pilih penganan yang tepat
Rasa lapar dan dahaga seharian biasanya membuat orang menjadi kalap saat berbuka puasa. Alhasil minuman ringan bersoda yang dingin dan berembun sering menjadi pilihan, karena terlihat menggiurkan. Padahal soda dalam minuman ringan mempunyai dampak buruk bagi tulang.

Dalam artikelnya di laman Khaleej Times, dokter Machani menyatakan, milkshake dingin tanpa gula sama segarnya dengan minum ringan bersoda, dengan kandungan nutrisi yang lebih sehat.

Halaman
12
Penulis: AC Pingkan U
Editor: AC Pinkan Ulaan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved