Kesehatan

Masalah Gizi Buruk Selalu Berulang, Perlu Ditangani Lintas Sektor

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita, mengatakan, gizi buruk merupakan masalah kesehatan yang sudah berulangkali terjadi di Kota Depok.

Masalah Gizi Buruk Selalu Berulang, Perlu Ditangani Lintas Sektor
Wartakotalive.com/Gopis Simatupang
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita. 

DEPOK, WARTAKOTALIVE.COM -- Belum lama ini sebanyak 80 balita warga Depok menderita gizi buruk. Mereka menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita mengatakan, gizi buruk merupakan masalah kesehatan yang sudah berulangkali terjadi di Kota Depok.

Masalah gizi buruk, disebut Novarita, sulit teratasi karena dibarengi dengan penyakit penyerta.

"Gizi buruk ini sebenarnya kasus lama, bukan yang tiba-tiba baru muncul. Dia kasus lama dengan penyakit penyerta. Dia kan ada TBC-nya. Jadi memang agak sulit kalau memang penyakit penyertanya belum sembuh," ujar Novarita kepada Warta Kota, kemarin.

"Kan enggak mungkin dia naik berat badannya kalau penyakitnya masih menggerogoti," bilangnya.

Untuk melepaskan seorang anak dari masalah gizi buruk, jelas Novarita, pertama-tama harus disembuhkan dulu penyakit penyertanya.

Bila seorang anak mengalami gizi buruk disertai TBC, misalnya, maka penyakit TBC-nya wajib disembuhkan dulu. Baru diikuti dengan pengaturan asupan gizi si anak.

"Gizinya juga tetap kita perhatikan. Karena kalau penyakit kronis seperti ini memang butuh asupan gizi yang baik ya, supaya mempercepat penyembuhan," katanya.

"Nanti perlu dilihat, apakah perlu diinapkan atau bisa rawat jalan aja nanti kita berikan asupan biskuit tambahan atau PMT (Pemberian Makanan Tambahan). Ada biskuit, susu, dan lain-lain," terang Novarita.

Bila penyakit penyerta telah sembuh, lanjutnya, bayi yang mengalami gizi buruk akan diberikan PMT terus menerus hingga berat badannya naik.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved