Gempa Bumi

Wagub Sumbar: 5 Ahli Gempa Jepang Sebut Wilayah Ini Berpotensi Gempa Dahysat dan Tsunami 12 Meter

Gempa maha dahsyat berkekuatan magnitudo 8,9 dan gelombang tsunami setinggi 12 meter tengah intai di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Wagub Sumbar: 5 Ahli Gempa Jepang Sebut Wilayah Ini Berpotensi Gempa Dahysat dan Tsunami 12 Meter
google
Ilustrasi 

BENCANA gempa mahadahsyat berkekuatan magnitudo 8,9 dan gelombang tsunami setinggi 12 meter tengah intai di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar).

Diketahui, informasi Kepulauan Mentawai diintai gempa dan tsunami dahysat berdasarkan 5 ahli kegempaan Jepang sebut gempa dan tsunami intai Kepulauan Mentawai.

Bahkan, berdampak di Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara, dan adanya informasi gempa dahsyat dan gelombang tsunami tinggi ini, disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit.

Dilansir dari Kompas.com Sabtu (4/5/2019), Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan bahwa kabupaten kepulauan Mentawai Sumatera Barat, diintai gempa maha dahsyat bermagnitudo 8,9.

Ini menjadi peringatan untuk selalu waspada karena dampaknya mampu mencapai kawasan pesisir termasuk Bengkulu.

Nasrul Arbit mengemukakan pernyataan itu berdasarkan pendapat 5 ahli kegempaan Jepang dengan fokus penelitian Pulau Mentawai di Sumatera Barat.

Wakil Gubernur Sumatera Barat beri peringatan waspada pada masyarakat Bengkulu, Mentawai dan sekitarnya akan adanya potensi bencana gempa yang dahsyat. (Kolase Kompas.com/Firmansyah dan tribunnews.com)

"Saat ini, gempa maha dahsyat masih mengendap di 20 mill Kepulauan Mentawai. Tepatnya, di Samudera Hindia. Jika gempa maha dahsyat itu terjadi, akan menyebabkan gelombang tsunami setinggi 12 meter," kata Nasrul saat mengunjungi Bengkulu di kantor BPBD Bengkulu, Sabtu (4/5/2019).

Diperkirakan gelombang tsunami itu akan menyapu kawasan pesisir Sumatera Barat yang meliputi Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara.

Kecepatan gelombang tsunami tersebut diperkirakan akan mencapai 827 kilometer.

Halaman
1234
Editor: Panji Baskhara
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved