Underwater Hockey

Baru Mulai Dikenal, Underwater Hockey Pasang Target Emas di SEA Games Manila 2019

Meski cabang olahraganya baru dipertandingkan, tim nasional underwater hockey Indonesia menargetkan emas di SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Baru Mulai Dikenal, Underwater Hockey Pasang Target Emas di SEA Games Manila 2019
Warta Kota/Gisesya Ranggawari
Atlet Underwater Hockey asal DKI Jakarta, Andhika Gerald Dariano saat ditemui Warta Kota, Rabu (1/5/2019) di Stadion Akuatik, Senayan, Jakarta Pusat. 

Meski cabang olahraganya baru dipertandingkan dan belum berprestasi tinggi, tim nasional underwater hockey Indonesia menargetkan emas di SEA Games 2019 di Manila, Filipina. 

Lebih dari seratus atlet mengikuti Kejuaraan Nasional Underwater Hockey yang diselenggarakan PB POSSI dan dibuka pada Selasa (30/4/2019) lalu di Stadion Akuatik, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan.

Total diikuti oleh 15 provinsi dari seluruh Indonesia yang mengirimkan perwakilan masing-masing.

Kejuaraan Nasional ini juga sebagai salah satu pra-seleksi untuk SEA Games 2019 Manila, bulan November nanti sambil menunggu sang pelatih yang didatangkan dari Australia tiba di Jakarta.

"Sebenarnya ini kan pra-seleksi saja, nanti akan ada seleksi pelatnasnya nunggu coach dari Australia datang," kata Dewan Juri, sekaligus atlet Underwater Hockey asal DKI Jakarta, Andhika Gerald Dariano kepada Warta Kota, Rabu (1/5/2019).

"Kalau sekarang kita melihat di level mana kemampuan mereka bermain, fitnessnya, skillsnya dan pengertian akan olahraga ini sejauh apa," imbuh Andhika.

Para atlet underwater hockey berlatih di Stadion Renang GBK.
Para atlet underwater hockey berlatih di Stadion Renang GBK. (Warta Kota/Gisesya Ranggawari)

Andhika yang lebih akrab disapa Darren itu mengaku sangat terbantu untuk melihat pemain mana yang berpotensi dengan adanya Kejuaraan Nasional ini.

"Underwater Hockey baru masuk SEA Games tahun ini jadi booming gitu di mata perenang. Kami manfaatkan kesempatan ini untuk cari member latihan baru supaya bisa bantu kita di SEA Games nanti," paparnya.

Meski belum memulai pemusatan latihan resmi, Darren yang menjadi langganan timnas Underwater Hockey Indonesia ini menargetkan bisa meraih medali emas pada SEA Games, November mendatang.

Tapi lebih lanjut Darren juga mengakui peta persaingan di Underwater Hockey Asia Tenggara ini masih dikuasai oleh Singapura dan Filipina yang mulai menyusul.

Bahkan, kedua negara itu sudah memulai pemusatan latihan untuk tim nasionalnya, ditambah lengkapnya sarana dan prasarana olahraga air di kedua negara itu.

"Targetnya tentu medali emas. Peta persaingannya ya memang masih Singapura yang paling bahaya ya. Mereka memang intens dan sangat luar biasa," ujar atlet 21 tahun itu.

"Yang diwaspadai selain Singapura mungkin Filipina ya. Mereka sudah mulai start training centre dan kami belum mula, tapi ya kami tetap yakin," imbuhnya.

Di sisi lain, atlet underwater hockey yang sudah melanglangbuana di Kejuaraan Asia itu juga berharap pemerintah lewat Kemenpora bisa terjun langsung membantu proses persiapan menuju SEA Games 2019.

"Dan kami memang butuh bantuan dari Kemenpora, kami butuh kepastian persiapan untuk menangin emas di sea games. Kami datang bukan mau hura-hura sebagai tim pelengkap saja. Memang targetnya emas," tutur Darren. 

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved