Pariwisata

Kemenpar Dorong KUR Demi Wujudkan 10 Bali Baru di Kepulauan Seribu

Kemenpar menggelar Sosialisasi dan Coaching Clinic Pembiayaan Usaha Pariwisata di Gedung Serbaguna Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Kepul

Kemenpar Dorong KUR Demi Wujudkan 10 Bali Baru di Kepulauan Seribu
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kemenpar menggelar Sosialisasi dan Coaching Clinic Pembiayaan Usaha Pariwisata di Gedung Serbaguna Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, Selasa (30/4/2019). 

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Sosialisasi dan Coaching Clinic Pembiayaan Usaha Pariwisata di Gedung Serbaguna Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu.

KEPALA Bidang Investasi Destinasi Pariwisata Prioritas Kemenpar, Nurwan Hadiyono mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mewujudkan Kepulauan Seribu sebagai 10 Bali Baru atau destinasi wisata yang diprioritaskan pemerintah sejak 2016 lalu.

“Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan 10 Bali Baru di Kepulauan Seribu adalah dengan mendorong Kredit Usaha Rakyat (KUR),” ungkap Nurwan, Selasa (30/4).

Nurwan menceritakan kegiatan itu diikuti sebanyak 50 orang pelaku usaha dari Pulau Untung Jawa dengan berbagai latar belakang seperti pengusaha homestay, catering, salon, travel, kerajinan tangan, rental sepeda dan lainnya.

“Kehadiran KUR diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian usaha mikro kecil dan menengah pada sektor pariwisata,” sambungnya.

Ditentang Warga, Baliho Raksasa Prabowo-Sandi di Cileungsi Bogor Akhirnya Batal Diturunkan

Mantan Istri Prabowo Terancam Tidak Lolos Jadi Anggota DPR RI Bukan karena Suara Sedikit

Pengacara Berteriak di Pengadilan Bikin Tangis Vanessa Angel Pecah, Ini Teriakkannya

Menurut Nurwan, para peserta yang mengikuti sosialisasi tentang KUR juga diberikan langkah-langkah untuk memaksimalkan penggunaan KUR dari perwakilan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menangah.

“Sehingga banyak pelaku usaha atau calon debitor tertarik KUR demi meningkatkan usaha mereka yang secara otomatis akan meningkatkan potensi pariwisata,” katanya.

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad menambahkan KUR akan memberikan dampak positif bagi pengembangan usaha karena diyakini akan mampu menumbuhkan geliat wisata di wilayah Kepulauan Seribu.

“Sehingga kedepan Kepulauan Seribu dapat berbenah menjadi kawasan pariwisata yang dapat dibanggakan. Kami juga berharap agar warga setempat memaksimalkan hal ini, karena jika bukan warga setempat akan digunakan orang lain,” ungkapnya.

Selain itu kegiatan tersebut dinilai telah sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu yang tengah fokus meningkatkan pariwisata, salah satunya dengan Gerakan Seribu Warna.

“Gerakan Seribu Warna merupakan gerakan pembangunan yang di antaranya ada Gerakan Percantikan, Gerakan Bersih, Gerakan Eco Wisata, Gerakan Ekonomi Rakyat, Gerakan Seribu Sukun, Gerakan Pemberdayaan Mesjid, dan Gerakan Pembinaan Remaja,” tutupnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved