Pemilu 2019

KPU Pastikan Hanya Satu TPS Gelar Pemungutan Suara Ulang di Depok

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menggelar PSU di TPS 65 Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Sabtu (27/4/2019).

KPU Pastikan Hanya Satu TPS Gelar Pemungutan Suara Ulang di Depok
Warta Kota/Gopis Simatupang
PSU di TPS 65 Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Sabtu (27/4/2019). 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 65 Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Sabtu (27/4/2019).

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna, menjelaskan, PSU dilakukan atas rekomendasi Bawaslu Kota Depok yang menemukan tujuh pemilih yang ber-KTP elektronik di luar Kota Depok, memilih di TPS 65 Jatijajar tanpa menggunakan Formulir A5.

Awalnya, kejadian itu dicatat Pengawas TPS (PTPS) 65, lalu menyampaikannya kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tapos, yang lalu diteruskan kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tapos.

Panwaslu lalu memberi rekomendasi kepada Bawaslu Kota Depok agar merekomendasikan PSU kepada pihak KPU.

"Terpaksa PTPS mengeluarkan dua rekomendasi, pertama melakukan PSU, dan kedua melakukan penggantian Ketua KPPS dalam pelaksanaan PSU," kata Nana kepada wartawan, Minggu (28/4/2019).

Nana menjelaskan, pelaksanaan PSU ini telah melalui proses diskusi dan diteliti. KPU Kota Depok, kata dia, menemukan bahwa dua dari lima pemilih yang dimaksud ternyata tidak terdaftar di DPT maupun DPTb.

"Atas dasar tersebut, KPU Kota Depok menanggapi surat rekomendasi Bawaslu Kota Depok dengan segera menggelar PSU hari ini," kata dia.

Nana menambahkan, penetapan tanggal tersebut berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang menyatakan bahwa PSU harus dilakukan paling lambat sepuluh hari setelah hari pemungutan suara 17 April 2019.

Pelaksanaannya lanjut Nana, dilakukan sebagaimana biasa, di mana KPPS akan melakukan pemungutan suara pada pukul 07.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan penghitungan suara hingga rampung.

Pihaknya menyiapkan seluruh logistik PSU yang dibutuhkan agar dapat melayani 185 pemilih dengan maksimal. Lalu untuk surat pemberitahuan pemungutan suara ulang atau C6-KPU PSU, juga telah dibagikan kepada pemilih sehari sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Mirmo Saptono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved