Bakso Gepeng Terbesar di Festival Kuliner BSD Sukse Memecahkan Rekor MURI

‎Bakso raksasa ini, dibuat dengan adonan khusus dan menggunakan daging sapi ± 500 kg, serta dicetak dengan menggunakan moulding.

Bakso Gepeng Terbesar di Festival Kuliner BSD Sukse Memecahkan Rekor MURI
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Pemecahan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia), 'Bakso Gepeng Terbesar?', di ajang Festival Kuliner BSD yang digelar di areal ITC BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (27/4/2019). 

Dalam perhelatan Festival Kuliner BSD, yang digelar di areal ITC BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (27/4/2019), Saus Dua Belibis menggelar acara pemecahan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia), katagori Superlatif, yakni 'Bakso Gepeng Terbesar‎', dengan ukuran ketebalan ±‎ 12 centimeter dan berdiameter 3 meter.

‎Proses pembuatan bakso gepeng terbesar tersebut hasil kolaborasi Saus Dua Belibis, team teknis dari Jiis Comm (penyelenggara Festival Kuliner BSD), ITC BSD, dan Bakso Rusuk Joos.

Reggy Milyardi Prabowo, Brand Manager Dua Belibis (PT Anggana Catur Prima) menjelaskan, ‎bakso gepeng raksasa ini, dibuat dengan adonan khusus dan menggunakan daging sapi ± 500 kg, serta dicetak dengan menggunakan moulding, yakni cetakan khusus berukuran 3,3 m yang terbuat dari bahan stainless steel.

"Persiapan pembuatan adonan sampai masuk ke proses perebusan memakan waktu tiga hari. Proses perebusan dan pematangan akhir di lakukan di atas panci khusus dari bahan stainless Steel ukuran 3,5 meter x 3,5 meter x‎ 1 meter, dengan tungku bertekanan tinggi dengan diameter 40 centimeter sebanyak 12 tungku," kata Reggy.

Keikutsertaan Dua Belibis di festival kuliner ini, menurut Reggy, sebagai upaya mendukung perkembangan kuliner di Tanah Air.

"Melalui event ini, kami berharap seluruh ‎pengunjung dapat merasakan pengalaman makan yang seru dan momen yang istimewa khusususnya hidangan bakso ini bersama saus Dua Belibis," katanya.

Sementara itu, Febriyanto Racmat, CEO ‎& Founder JiisCom (penyelenggara Festival Kuliner BSD) mengapresiasi keikutsertaan Dua Belibis dan festival ini.

"Karena komitmennya sejalan dengan misi kamin yakni melestarikan, menjaga kuliner Indonesia agar lebih dikenal oleh seluruh masyarakat terutama kaum milenial," kata Febriyanto.

Sementara itu, Awan Rahargo dari ‎ MURI mengatakan, sebelumnya pada 2007 di Surabaya, Jawa Timur, MURI pernah mencatatkan rekor bakso raksasa ‎dengan ukuran diameter 1,6 meter.

"Jadi kali ini akan memecahkan rekor sebelumnya karena kali dengan ukuran yang lebih besar dengan diameter 3 meter," kata ‎Awan Rahargo.

Pemecahan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia), 'Bakso Gepeng Terbesar?', di ajang Festival Kuliner BSD yang digelar di areal ITC BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (27/4/2019).
Pemecahan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia), 'Bakso Gepeng Terbesar?', di ajang Festival Kuliner BSD yang digelar di areal ITC BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (27/4/2019). (Warta Kota/Ign Agung Nugroho)
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved