Film Baru

Diprotes Warganet, Film Kucumbu Tubuh Indahku Justru Menerima Banyak Penghargaan Negara Lain

Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' ditolak untuk ditayangkan di bioskop Indonesia karena dituding bertema LGBT. Tapi film itu justru 'dihargai' negara lain.

Diprotes Warganet, Film Kucumbu Tubuh Indahku Justru Menerima Banyak Penghargaan Negara Lain
Dokumentasi Fourcolours Films
Potongan adegan film 'Kucumbu Tubuh Indahku' garapan sutradara Garin Nugroho yang diprotes warga. 

Sutradara Garin Nugroho menyampaikan keprihatinan atas protes sejumlah pihak yang meminta supaya film Kucumbu Tubuh Indahmu tidak ditayangkan di bioskop Indonesia.

Di akun media sosial Instagram @garin_film, Kamis (25/4/2019), sutradara gaek tersebut menuliskan rasa prihatin setelah film terbarunya dikecam banyak pihak.

"Lewat catatan ini, saya menyampaikan keprihatinan terbesar atas gejala menjamurnya penghakiman massal tanpa proses dialog dan penegakan hukum yang berkeadilan," tulis Garin Nugroho.

Garin Nugroho
Garin Nugroho (warta kota/nur ichsan)

Menurut Garin Nugroho, kehendak atas keadilan dan hidup bersama dalam keberagaman tanpa diskriminasi dan kekerasan tidak akan pernah mati dan dibungkam oleh apapun, baik senjata atau anarkisme masal.

Garin Nugroho yang menggarap film Kucumbu Tubuh Indahmu itu menilai, media sosial di masa sekarang telah menjadi ruang penghakiman masal atas karyanya tanpa proses keadilan dan anarkisme.

"Bagi saya, anarkisme massa tanpa proses dialog ini akan mematikan daya pikir serta kualitas warga bangsa, memerosotkan daya kerja dan cipta," tulis Garin Nugroho.

Setelah Depok Cekal, Giliran Pemkot Bogor Kaji Penayangan Film Kucumbu Tubuh Indahku

Anarkisme massa itu, lanjut Garin Nugroho, juga dapat mengancam kehendak hidup bersama untuk bebas dari segala diskriminasi dan kekerasan.

Film Kucumbu Tubuh Indahku yang merupakan film terbaru garapan Garin Nugroho ini masih diputar di bioskop Tanah Air sejak 18 April lalu.

Saat ditayangkan di bioskop, film ini menuai kontroversi. Film itu dikecam warganet karena dituding menampilkan tema LGBT.

Potongan adegan film 'Kucumbu Tubuh Indahku' garapan sutradara Garin Nugroho yang diprotes warga.
Potongan adegan film 'Kucumbu Tubuh Indahku' garapan sutradara Garin Nugroho yang diprotes warga. (Dokumentasi Fourcolours Films)

Sebelum tayang di bioskop, trailer Kucumbu Tubuh Indahku yang diunggah di YouTube juga sudah dipenuhi hujatan warganet.

Halaman
12
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved