Otomotif

Federal Lubricant Optimis akan Merajai Pasar Pelumas Tanah Air setelah Diakuisisi Exxon Mobil

Mereka yakin, integrasi Federal Lubricants dan ExxonMobil akan menjadi gabungan yang mumpuni.

Federal Lubricant Optimis akan Merajai Pasar Pelumas Tanah Air setelah Diakuisisi Exxon Mobil
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Jajaran pimpinan PT Federal Karyatama selaku pemegang merek Federal Lubricants berfoto bersama di Dhonika Eatery, Antasari, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2019). 

Setelah resmi bergabung dengan perusahaan raksasa asal Amerika Serikat, ExxonMobil, Federal Lubricant siap menjadi salah satu pemain utama di industri pelumas Tanah Air.

Patrick Adhiatmadja, Presiden Director PT Federal Karyatama selaku pemegang merek Federal Lubricants menjelaskan, Federal Lubricants yang berada di bawah bendera PT Federal Karyatama telah diakuisisi ExxonMobil pada 28 Juni 2018 lalu.

Bergabungnya Federal Lubricants ke ExxonMobil merupakan sinergi positif, yang membuka ruang lebih lebar untuk perkembangan penetrasi pasar produk-produk yang dihasilkan keduanya.

“Selama ini, kita dikenal sebagai produsen pelumas untuk sepeda motor saja, di mana kita menguasai 20 persen pangsa pasar untuk motor dan after market,” kata Patrick saat menggelar media gathering di Dhonika Eatery, Antasari, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2019).

Lebih lanjut Patrick mengatakan, setelah ExxonMobil bergabung, kolaborasi keduanya bisa mengembangkan pasar yang lebih luas.

Jika Federal Lubricant dikenal kuat di pasar B2C maka ExxonMobil terkenal di kategori B2B sebagai pemasok pelumas untuk industri.

Apalagi sejak berdiri tahun 1988, Federal Lubricant sudah memiliki jaringan yang kuat di Indonesia.

“Kini dengan gabungan Federal Lubricants dan ExxonMobil kita berharap bisa menguasai 9-10 persen total market pelumas di Indonesia,” kata Patrick.

Patrick menambahkan, produk oli ExxonMobil sebenarnya juga memiliki oli khusus sepeda motor.

Pelumas yang diberi nama Super Motor tersebut diperkenalkan pertengahan tahun lalu.

Ia mengatakan Federal Lubricants dan Super Motor akan berbagi segmen.

Terkait hal itu, ia pun yakin, integrasi Federal Lubricants dan ExxonMobil akan menjadi gabungan yang mumpuni.

“Kami menjadi satu perusahaan yang mengelola 2 merek. Tujuan kami adalah menjadi pemain yang diperhitungkan di pasar pelumas tidak hanya di segmen roda dua,” kata Patrick.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved